Klaster Sangon Tambah 5 Kasus Positif

Ilustrasi. - Freepik
20 Mei 2021 08:57 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, WATES--Klaster Sangon lagi-lagi menyumbang kasus positif Covid-19 di Kulonprogo. Sebanyak lima kasus positif Covid-19 terjadi pada Selasa (18/5/2021). Total kasus positif Covid-19 di dalam klaster sangon menjadi 129 kasus dari angka sebelumnya yakni 124 kasus positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati menyampaikan penambahan kasus positif Covid-19 berdasarkan hasil swab PCR yang dilakukan oleh gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Kulonprogo.

BACA JUGA : Bermula dari Musala, Sudah 124 Warga Terinfeksi Covid-19

"Lima kasus baru itu, di antaranya pasien nomor KP-5569 laki-laki 23 tahun warga Kalirejo, pasien nomor KP-5591 laki-laki 23 tahun warga Kalirejo, pasien nomor KP-5603 laki-laki 30 tahun warga Hargomulyo, pasien nomor KP-5611 laki-laki 30 tahun warga Hargomulyo serta pasien nomor KP-5612 perempuan 30 tahun warga Kalirejo," kata Baning pada Rabu (19/5/2021).

Lima warga yang diketahui terpapar Covid-19 tersebut saat ini juga telah menjalani isolasi mandiri seperti yang dilakukan oleh 121 orang lainnya yang masuk dalam klaster sangon. Sedangkan, tiga orang menjalani isolasi mandiri di rumah sakit.

"Upaya pembatasan mobilitas warga juga sudah dilakukan oleh gugus tugas penanganan Covid-19. Akses keluar masuk dari empat dusun yakni Sangon I, Kadigunung, Tapen, dan Tlogolelo juga diperketat. Rumah Ibadah juga sementara ditutup dan kegiatan masyarakat yang mengundang banyak massa sementara dihentikan," kata Baning.

Pemberian sembako bagi warga yang melakukan isolasi mandiri juga sudah dilakukan oleh gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Kulonprogo melalui pemerintah desa setempat.

BACA JUGA : Tambah 22 Warga, Klaster Sangon di Kulonprogo Menjadi 62

"Pemerintah desa setempat telah menyiapkan sembako untuk diberikan kepada warga yang menjalani isolasi mandiri. Kemudian, gugus tugas kini juga tengah melakukan penelusuran terkait potensi penularan dengan melakukan swab tes masal terhadap kurang lebih 200 sasaran," kata Baning.

Wakil Bupati Kulonprogo selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan kemunculan klaster penularan Covid-19 di kabupaten Kulonprogo yang masih terus terjadi imbas dari kelalaian warga serta belum maksimalnya kerja dari gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Kulonprogo.

"Masyarakat lalai, gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Kulonprogo juga perlu bekerja dengan keras lagi agar klaster penularan Covid-19 (Sangon) tidak terjadi di wilayah lain yang ada di kabupaten Kulonprogo," kata Fajar.