Advertisement

Purwokinanti Dikembangkan Jadi Kampung Hijau

Yosef Leon
Jum'at, 21 Mei 2021 - 08:57 WIB
Sunartono
Purwokinanti Dikembangkan Jadi Kampung Hijau Suasana kampung hijau di Kelurahan Purwokinanti, Kamis (20/5). Harian Jogja - Yosef Leon.

Advertisement

Harianjogja.com, PAKUALAMAN - Pemerintah Kalurahan Purwokinanti, Kemantren Pakualaman, Kota Jogja mengembangkan kampung hijau di wilayah setempat. Adapun area itu berada di Kampung Kepatihan.

Lurah Purwokinanti, Sugiharti mengatakan, pihaknya mengembangkan empat kampung di kelurahan setempat berdasarkan potensi dan karakteristik masing-masing. Dengan kondisi yang dimiliki, Kampung Kepatihan akhirnya dipilih menjadi pengembangan kampung hijau.

Advertisement

"Itu sudah lama warga menanam tanaman dan tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari," katanya Kamis (20/5/2021).

BACA JUGA : Kota Jogja Boleh Padat, Tapi Kampung Ini Tetap Hijau

Sugiharti menjelaskan, letak kampung hijau itu tersebar di sejumlah RW yakni RW 7, 8, 9, 10, 11, dan 12. Pada tiap rumah penduduk terdapat tanaman dan juga tumbuhan yang tersebar di depan rumah warga. Ke depan, di seluruh gang dan kompleks perumahan di lokasi tersebut nantinya akan ditanami tumbuhan dan berbagai sayuran.

Ditambahkan, pada setiap kota daerah hijau saat ini sangat jarang ditemui. Maka itu, keberadaan kampung hijau di wilayah setempat menurutnya menjadi kebanggaan tersendiri  karena berguna bagi keasrian wilayah serta menyumbang bagi keberadaan lingkungan yang sehat.

BACA JUGA : Relawan Hijau Kota Jogja Diresmikan

"Selain itu, tanaman tersebut juga bisa berguna bagi ketahanan ekonomi warga serta menjadi daya tarik tersendiri," imbuhnya.

Pihaknya berharap, ke depan kampung hijau itu bisa dikembangkan ke daerah lain agar kelestarian lingkungan di Kelurahan Purwokinanti bisa terjaga dan ketahanan ekonomi warga bisa optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement