Advertisement

Bantul Gelar Transmigrasi Lagi, Cek Syarat dan Lokasi Tujuannya

Catur Dwi Janati
Jum'at, 21 Mei 2021 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bantul Gelar Transmigrasi Lagi, Cek Syarat dan Lokasi Tujuannya Ilustrasi rumah di lokasi transmigrasi - dok

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Disnakertrans Bantul terus melakukan sosialisasi transmigrasi ke sejumlah titik di Bantul. Program transmigrasi bakal digulirkan kembali setelah tahun lalu dihentikan karena pandemi.
Sekretaris Disnakertrans Bantul, Istirul Widilastuti menerangkan penyuluhan ketransmigrasian dusun terus dilakukan untuk memberitahu masyarakat bahwa program transmigrasi masih ada. "Karena mungkin sebagian masyarakat Bantul itu mengira program transmigrasi sudah tidak ada lagi," tuturnya pada Jumat (21/5/2021).
Informasi ketransmigrasian mulai dari syarat-syarat calon peserta transmigrasi seperti  ber-KTP Bantul, sudah berkeluarga, usia maksimal 55 tahun dan berbagai aspek lainnya disampaikan dalam penyuluhan. "Kita juga kasih gambaran tentang lokasi daerah tujuan, kondisi daerah tujuan," ujarnya.
Disebutkan Istirul 12 dusun yang menjadi target sosialisasi penyuluhan ketransmigrasian. "Saat ini sudah berjalan di delapan dusun, kemarin sudah mutar-mutar kemana-mana," terangnya.
Pemberangkatan paling dekat dituturkan Istirul terjadi antara bulan September - Desember. "Tapi prosesnya sudah kita awali dari sekarang. Setelah itu akan ada pelatihan calon transmigrasi berangkat, kita latih dan beri bekal," tambahnya.
"Dari segi pengolahan lahan kita latih di Instiper. Terkait perikanan nanti kita bawa ke Jetis dan sebagainya nanti. Kalau pendaftarnya saat ini masih 79 KK, cuma kuota transmigrasi tergantung dari keputusan pusat," tandasnya. 
Adapun rencananya empat lokasi bakal jadi tujuan transmigrasi warga Bantul yakni di Paser (Kalimantan Timur), Muna (Sulawesi Tenggara), Mahalona dan Mamuju. "Tahun ini pemberangkatan peserta transmigrasi pendaftar tahun lalu karena kemarin baru awal-awal pandemi. Tujuan juga belum siap," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement