Advertisement

Subardi: Vaksin Gotong Royong Menjadi Implementasi Pancasila

Lugas Subarkah
Selasa, 25 Mei 2021 - 15:17 WIB
Nina Atmasari
Subardi: Vaksin Gotong Royong Menjadi Implementasi Pancasila Anggota MPR RI, Subardi, dalam Sosialisasi Empat Pilar Bangsa, di gedung Subardi Center, Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman, (25/5/2021). - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Vaksin gotong royong merupakan bentuk implementasi dari Pancasila. Program ini sebagai ikhtiar kebangsaan agar Indonesia cepat pulih dari tekanan pandemi. Ikhtiar kebangsaan ini merupakan bagian dari penguatan empat pilar bangsa, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Hal ini disampaikan anggota MPR RI, Subardi, dalam Sosialisasi Empat Pilar Bangsa, di gedung Subardi Center, Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman, (25/5/2021). Ia mengapresiasi pelaksanaan vaksin gotong royong yang berlaku gratis bagi bagi pekerja bersama keluarganya di perusahaan atau badan hukum. Pendanaan program ini sepenuhnya dibebankan kepada perusahaan atau badan hukum.

“Saya apresiasi karena program ini tidak mengandung aspek komersil, baik dari pemerintah maupun swasta. Ini murni sepenuhnya gotong royong. Dibeli perusahaan, gratis untuk karyawan,” katanya.

Vaksin gotong royong kata dia, tujuannya untuk menjangkau lebih cepat target vaksinasi nasional sebagaimana disepakati dalam rapat di parlemen. Program ini pada hakikatnya mengandung nilai kemanusiaan, persatuan, dan keadilan sosial.

Baca juga: Pemerintah Diminta Bikin Tim Khusus untuk Usut 97.000 PNS Gaib

Advertisement

Saat ini Indonesia merupakan negara dengan dosis vaksin terbanyak di Asia Tenggara. Data dari Kemenkes per 15 Mei menunjukkan, jumlah suntikan vaksin di Indonesia mencapai lebih dari 23 juta. Angka ini menurutnya jauh melampaui Kamboja dan Singapura di urutan kedua dan ketiga dengan angka vaksinasi sebanyak 3,2 juta dosis. Bahkan, Malaysia berada di urutan keenam dengan 1,9 juta dosis.

Capaian ini menurutnya harus didukung oleh seluruh elemen banga agar vaksinasi nasional berjalan lebih cepat. Pengadaan vaksin Gotong Royong menjadi tanggung jawab Kementerian BUMN dan PT Bio farma. Begitupun distribusinya. Bio Farma sebagai induk perusahaan farmasi nasional mendistribusikan kepada swasta yang sudah memenuhi persyaratan.

Pemerintah juga menetapkan tarif maksimal vaksin kepada perusahaan agar tidak ada ketimpangan antar perusahaan di luar Jawa. Berdasarkan Permenkes 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, besaran tarif maksimal sebesar Rp 879.140 per orang untuk dua kali vaksin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jual Miras, Toko di Berbah Ditutup

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement