Cakrawala Event Organizer Gelar Video Competition and Online Talkshow Psychology How to be The Best Version of Me

Pelaksanaan Video Competition and Online Talkshow Psychology How to be The Best Version of Me. - Ist
27 Mei 2021 10:47 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Dalam hidup, setiap orang pasti pernah mengalami kegelisahan dan perasaan tidak nyaman atau yang lebih dikenal dengan insecure. Perasaan ini dapat ditandai dengan beberapa hal, contohnya yaitu munculnya rasa rendah diri, takut berlebihan, tidak mau keluar zona nyaman, dan membandingkan diri dengan orang lain. Kondisi seperti ini tentunya bukanlah hal yang baik mengingat fakta bahwa setiap individu itu berharga karena memiliki ciri khasnya masing-masing. Cara paling mendasar untuk mengurangi perasaan insecure yaitu dengan menerapkan self love (mencintai diri sendiri).

Melihat banyak orang yang masih belum menerapkan self love, Cakrawala Event Organizer menyelenggarakan kegiatan Self Love Journey yang terdiri dari kompetisi video pendek tingkat nasional dan Online Talkshow Psychology dengan tema “How to be the Best Version of Me”. Cakrawala Event Organizer terbentuk dari mata kuliah Manajemen Event yang diampu oleh Ibu Rr. Chusnu Syarifa Diah Kusuma M.Si. Cakrawala Event Organizer berharap agar setelah mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat menumbuhkan kesadaran untuk mencintai diri sendiri dan menjadi pribadi yang terbaik untuk dirinya sendiri.

Kegiatan kompetisi video pendek tingkat nasional diikuti oleh 16 peserta mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas yang ada di Indonesia, diantaranya yaitu Provinsi Sumatera Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Adapun ketentuan pembuatan video pendek yaitu memiliki tema “Be The Best Version of Me” dan berdurasi 1-5 menit. Para peserta memperebutkan juara dan hadiah dengan rincian: Juara I sebesar Rp700.000, juara II sebesar Rp500.000, juara III sebesar Rp400.000, juara Favorit sebesar Rp200.000, dan juara harapan 1, juara harapan 2, dan juara harapan 3 yang memperoleh e-sertifikat.

Pendaftaran peserta lomba diadakan mulai tanggal 5 April – 7 Mei 2021. Peserta melakukan pengiriman karya mulai tanggal 5 April – 8 Mei 2021. Penentuan pemenang lomba berdasarkan penilaian Dewan Juri dilaksanakan mulai tanggal 9 - 21 Mei 2021 dan penilaian berdasarkan like dan comment video di instagram untuk merebut juara favorit dilaksanakan mulai tanggal 9 - 15 Mei 2021. Terdapat tiga dewan Juri yang melakukan penilaian terhadap karya lomba ini, yaitu ada Ibu Auliya Ulil Irsyadiyah, M.Psi., Psikolog dari Paradigma.sdc, Ibu Sabiqotul Husna, S. Psi., M.Sc. sebagai dosen di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Bapak Awanis Akalili, S.I.P., M.A. sebagai dosen di Universitas Negeri Yogyakarta.

Video karya peserta lomba dipublikasikan melalui akun Instagram Cakrawala Event Organizer yaitu @cakrawalaa.eo. Peserta diperbolehkan untuk melakukan promosi secara terbuka terkait like dan comment video yang dikompetisikan selama periode publikasi yaitu 11-17 Mei 2021 untuk meraih juara favorit. Penilaian like dan comment dihitung berdasarkan perolehan like dan comment terbanyak pada postingan video-video peserta yang dikompetisikan. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan oleh Dewan Juri, terpilihlah 12 finalis peserta video competition untuk lanjut ke babak final.

Acara puncak dari Self Love Journey yaitu diselenggarakannya kegiatan Online Talkshow Psychology dengan tema “How to be The Best Version of Me”. Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu, 23 Mei 2021 pukul 09.00 – 13.00 WIB secara online melalui platform Zoom Cloud Meetings dan disiarkan secara langsung pada Channel Youtube feunyofficial.

Kegiatan talkshow ini dipandu oleh Nandika Wahyu Saputra selaku Master of Ceremony dan Putri Desti Anawati selaku Moderator. Acara ini terbagi menjadi 2 sesi materi. Sesi pertama yaitu pemaparan materi mengenai “Memahami Dirimu dengan Mencintai Diri Sendiri” dengan narasumber Ibu Cania Mutia, S.Psi., M.Psi., Psikolog., dan Ibu Ratna Mustika Handayani, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Lalu sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai “Be The Best Version of Me” dengan narasumber kita yaitu Saudari Gayatri Hutami Putri., S.Psi.

Di penghujung kegiatan Online Talkshow Psychology, Cakrawala Event Organizer mengumumkan para pemenang peserta video competition sebagai satu kesatuan rangkaian acara. Juara 1 sekaligus juara favorit dimenangkan oleh Saudara Arma Andi Kusuma  dari Universitas Negeri Surabaya, lalu juara 2 dimenangkan oleh Saudari Dita Restu Widiastuti dari Universitas Negeri Yogyakarta, selanjutnya juara 3 dimenangkan oleh Saudara Muhammad Irfan Fauzi dari Universitas Negeri Yogyakarta. Adapun juara harapan 1 dimenangkan oleh Saudari Nahla Sania dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, lalu juara harapan 2 dimenangkan oleh Saudari Delvi Ramadayani dari Universitas Gadjah Mada, dan juara harapan 3 dimenangkan oleh Saudara Agno Fredigo dari Telkom University.

Setelah seluruh pemenang peserta lomba video competition telah disampaikan oleh MC, maka selesailah seluruh rangkaian acara Video Competition and Online Talkshow Psychology pada pukul 13.00 WIB yang diakhiri dengan penutupan dan sesi dokumentasi berupa foto bersama.  Kesuksesan acara ini juga tidak lepas dari dukungan para pihak sponsor dan media partner yang membersamai kami. Terima kasih kepada pihak sponsor yaitu Cicil, Inez Cosmetic, Explora Digital Printing, Kiki Gorden, Mas Arif Tokopedia, dan PT Kurnia Murti Jaya. Tak lupa juga kami sampaikan terima kasih kepada para media partner yaitu, Batam Event, Stoodenthub, Event Campus, Event center id, Infolombaplus, Sejutacita, Jogja punya acara, Harian jogja, HIMA PSI UDAYANA, BEMF PSI UMBY, HIMA PSI UNNES, HIMA PSI UTY, BEM KEMA PSI UPI, BEMPSI UM, HIMA PSI UNESA, BEM PSI SADHAR, BEM FE UNY, Acara hits, BEMFPSI UNTAR, BEMFAPSI UMM, Event Lomba Indo, Temumaya, dan Demafpk Uinsa Surabaya

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi rangkaian acara Video Competition and Online Talkshow Psychology yang dilaksanakan pada Minggu, 23 Mei 2021 pukul 09.00 – 13.00 WIB.