Peringati Hari Lahir Pancasila, Pengunjung Watu Lumbung Gelar Upacara Bendera

Pengunjung dan pengelola Kampung Edukasi Watu Lumbung menggelar upacara bendera, Selasa (1/6/2021). Harian Jogja - Jumali
01 Juni 2021 15:57 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Langkah unik dilakukan oleh pengelola Istana Trigona di komplek Kampung Edukasi Watu Lumbung, Kretek, Bantul dalam memperingati hari Lahir Pancasila, Selasa (1/6/2021). Pengelola dan pengunjung menggelar upacara bendera dan membacakan teks Pancasila.

Pengelola Kampung Edukasi Watu Lumbung, M Boy Rifai mengatakan upacara bendera memperingati Hari Lahir Pancasila sudah kali ketiga digelar di tempat tersebut. Awalnya upacara digelar pada 1 Juni 2019 dan kali kedua upacara digelar pada 1 Juni 2020.

BACA JUGA : Hari Lahir Pancasila, Ketua MPR Singgung Rasa Kebersamaan

"Kami sengaja menggelar upacara ini. Kami ingin mengambil semangat dari peringatan Hari Lahir Pancasila, meski upacaranya digelar di tengah hutan," kata Boy usai upacara.

Boy menambahkan, semangat Hari Lahir Pancasila juga dimanfaatkan olehnya untuk melaunching Istana Trigona.

Di mana, para pengunjung tidak hanya bisa menikmati wisata edukasi di Watu Lumbung, tapi juga belajar mengenai keberadaan lebah penghasil madu Trigona. Karena di tempat tersebut berbeda dengan tempat pembudidayaan Trigona lainnya.

BACA JUGA : Libur Hari Lahir Pancasila Berpotensi Menaikkan Kunjungan Wisata

"Habitat Trigona kan di Hutan. Maka, kami budidayakan dan kami bikinkan istana Trigona. Pengunjung bisa belajar langsung disini, tentang segala sesuatu mengenai Trigona," ucap Boy.