85% Guru di Bantul Sudah Disuntik Vaksin

Ilustrasi vaksinasi massal di Grha Pradipta Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul, Senin (15/2/2021). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
04 Juni 2021 17:47 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Capaian vaksinasi terhadap guru dan tenaga pendidik di Bantul kian tinggi. Lebih dari 85% guru di Bantul saat ini telah disuntik vaksin.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bantul Isdarmoko menyebut rata-rata guru maupun tenaga pendidik telah melaksanakan dua kali injeksi vaksin Covid-19.

BACA JUGA: Siap-Siap, Bantul Buka Lowongan 921 CPNS & PPPK Tahun Ini

"Di Bantul sudah sangat bagus, kemarin itu saya cek rata-rata para guru sudah dua kali vaksin. Tapi ada beberapa yang belum," ujarnya, Jumat (4/6/2021).

Beberapa guru maupun tenaga pendidik belum disuntik vaksin karena terganjal beberapa persyaratan teknis. "Beberapa yang belum karena ada yang hamil, ada yang kemarin terpapar, ada yang isolasi," kata dia.

"Pada prinsipnya kami sudah berjalan baik. Lebih dari 85 persen guru dan tenaga pendidik telah divaksinasi.”

Meski sampai sampai awal Juni capaian vaksinasi relatif cukup tinggi, Isdarmoko tak bisa mematok kapan sekolah bisa digelar tatap muka kembali. "Kebijakan tatap muka itu tergantung dari kepala daerah. Jadi kami menunggu arahan dari Gubernur DIY dan Bupati Bantul," pungkasnya.

BACA JUGA: Begini Perkembangan Tol Jogja-YIA Setelah Ada Masalah di Mlangi

Guru dan tenaga pendidik masuk dalam sasaran dari kalangan pelayan publik yang menjadi target vaksinasi. Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Bantul Abednego Dani Nugroho menyebutkan saat ini pelayan publik tervaksin sebanyak 39.055 orang termasuk guru di dalamnya.