Pria Asal Jatim Acungkan Golok di Depan Mapolresta Jogja

Ilustrasi. - JIBI
08 Juni 2021 15:57 WIB Yosef Leon Pinsker Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Polisi mengamankan pria paruh baya berinisial K, 47, warga Tuban, Jawa Timur karena mengacungkan golok lalu memukulkannya ke pagar depan Mapolresta Jogja pada Selasa (8/7/2021) sore. Diduga, pria tersebut mengalami gangguan jiwa dan kini tengah dilakukan pemeriksaan di Satreskrim Polresta Jogja.

Kabag Humas Polresta Jogja, AKP Timbul Sasana Raharja mengatakan, insiden itu terjadi pada pukul 14.00 WIB tadi. K tiba-tiba datang sambil mengacungkan golok yang dibawanya lalu memukulkan golok itu ke pagar depan Mapolresta.

"Sempat diperiksa tadi sebentar dan dia mengaku seperti berhalusinasi. Jadi dia melakukan itu katanya mendengar suara-suara di kepalanya. Tapi untuk perkembangan lebih lanjut akan kami infokan," kata Timbul.

Dijelaskan, pihaknya belum mengetahui secara detail tujuan K melakukan tindakan itu. Namun, ada dugaan bahwa K mengalami gangguan jiwa.

BACA JUGA: Covid-19 Melonjak, 6 Kabupaten di Jateng Tutup Objek Wisata

Saat melakukan aksinya, petugas yang berjaga di pos depan Mapolresta langsung mengamalkannya dan digelandang ke Satreskrim. K bahkan sempat melakukan perlawanan saat akan ditangkap.

"Dilumpuhkan tanpa tembakan. Dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan," katanya.

Dari pemeriksaan awal, K terlihat linglung dan bingung ketika diminta keterangan oleh petugas. "Ya mungkin ada gangguan jiwa. Tali nanti kita periksa lagi," ujarnya.

Dengan kejadian itu, Timbul menyebut bahwa pihaknya akan memperketat penjagaan di sekitar Mapolresta Jogja. "Pasti ada peningkatan penjagaan terutama yang akan masuk ya, akan lebih diperketat nantinya," ungkap dia.