Buntut Hajatan Pengajian, Hampir 100 Orang Terinfeksi Covid-19 di Pandak

Ilustrasi. - Freepik
13 Juni 2021 18:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Jumlah warga yang terpapar Covid-19 di Kapanewon Pandak terus bertambah. Hal ini menyusul keluarnya hasil swab PCR dari tracing klaster pengajian, yang menyatakan ada 20 orang dinyatakan positif Covid-19.

“Hasil sementara dari 40 orang yang di tracing, kemarin. Yang positif 20 orang dan sampai saat ini semuanya sudah menjalani isolasi, baik di selter maupun isolasi mandiri di rumah,” kata Panewu Pandak Kusmardiono, Minggu (13/6/2021).

Dengan tambahan 20 orang positif ini, maka saat ini ada 98 warga Pandak atau hampir 100 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan menjalani isolasi. Selain klaster pengajian, Kusmardiono mengatakan, jika di wilayahnya juga sempat muncul klaster hajatan, di mana ada 9 orang yang diswab. Dari sembilan yang diswab hasilnya positif.

“Lima yang isolasi di selter kalurahan. Sisanya isolasi di rumah," ucap Kusmardiono.

BACA JUGA: Polres Bantul Tangkap Residivis Pengedar Narkoba

Mengingat tingginya angka penularan Covid-19 di wilayahnya, Kusmardiono menyatakan, saat ini pihaknya terus mengetatkan pengawasan kegiatan masyarakat. Di mana, setiap kegiatan harus ada izin dari pengurus baik RT/RW, desa hingga satgas tingkat kecamatan. “Kami perketat kegiatan masyarakat. Ini sesuai dengan instruksi dari Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten dan juga untuk menekan laju perkembangan Covid-19 di wilayah kami,” ucapnya.