Advertisement

Kembangkan dan Perkuat BUMDes, UMKM, dan Pengrajin, Jasa Raharja Gelar Pelatihan

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 19 Juni 2021 - 14:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kembangkan dan Perkuat BUMDes, UMKM, dan Pengrajin, Jasa Raharja Gelar Pelatihan Kegiatan program pengembangan dan penguatan BUMDes, UMKM, dan Pengrajin Bambu di padukuhan Brajan Kalurahan Sendangagung, Kapanewon Minggir, Sleman, beberapa waktu lalu. Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- PT Jasa Raharja meluncurkan program pengembangan dan penguatan BUMDes, UMKM, dan Pengrajin Bambu di padukuhan Brajan Kalurahan Sendangagung, Kapanewon Minggir, Sleman.

Direktur Keuangan PT Jasa Raharja Myland menyampaikan kegiatan tersebut merupakan bentuk perwujudan komitmen terhadap kondisi sosial masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Program ini direalisasikan dalam bentuk program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Jasa Raharja.

Advertisement

Adapun topik yang diangkat dalam program tersebut, lanjutnya terkait dengan digital marketing dan pengembangan kemampuan para pengrajin bambu. "Program ini terdiri dari penguatan kelembagaan BUMDes dan UMKM di kalurahan," kata Mayland melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Sabtu (19/6/2021).

Dia berharap dengan program pengembangan dan penguatan ini dapat meningkatkan keterampilan dan kemandirian sehingga dapat meningkatkan taraf ekonomi dan kesejahteraan melalui UMKM dan Lembaga BUMDes di lingkungan kalurahan.

Pelaksanaan program ini dihadiri oleh 80 peserta dengan memenuhi ketentuan protokol kesehatan. Ssetiap jumlah peserta yang hadir terdiri dari 25 peserta dari pengurus BUMDes, 30 peserta dari pelaku UMKM, dan 25 peserta dari kelompok pengrajin bambu. "Pelatihan ini bertujuan mempersiapkan para peserta untuk menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 ke 5.0," ujarnya.

Lurah Sendangagung, Raden Heru Prasetya Wibowo mengucapkan terima kasih pada PT Jasa Raharja yang telah melaksanakan program kesejahteraan masyarakat Sendangagung. Semua peserta, katanya, berasal dari wilayah Sendangagung. "Selama kegiatan, para peserta antusias dalam mendengarkan materi dari para trainer profesional yang meberikan materi secara mendasar sampai dengan simulasi," katanya.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang DI Yogyakarta Agus Doto Pitono berharap pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Sendangagung. Tujuannya agar dapat meningkatkan perekonomian anggota UMKM dan para pengrajin bambu, serta meningkatkan kesejahteraan warga.

Pelatihan ini merupakan hasil rekomendasi social mapping yang telah dilakukan oleh Jasa Raharja. Program menyasar pada goal achieve tehadap S-348 dan SDGs Point 4, 5, 8, 11, 13, dan 17. "Sebagai BUMN, kami senantiasa berkomitmen untuk berperan aktif melalui program kerja dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Doto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement