Vaksinasi untuk Pelaku Pariwisata dan Pelayan Publik Terus Didorong

Vaksinasi di Pelataran Hotel JW Marriot Yogyakarta, Senin (21/6/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo
23 Juni 2021 07:37 WIB Herlambang Jati Kusumo Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Danone Indonesia berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 untuk pelaku pariwisata dan pelayan publik. Pelaksanaan vaksinasi diselenggarakan di Pelataran Hotel JW Marriot Yogyakarta, Rabu (16/6/2021) – Rabu (23/6/2021).

Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Mohamad Subuh mengapresiasi langkah yang dilakukan Danone Indonesia untuk mendukung percepatan vaksinasi.

“Memang perlu langkah strategis, selain kolaborasi juga penting kontribusi. Danone dan Marriot membuktikan kontribusi ini. Selain vaksinasi, kepatuhan terhadap protokol kesehatan tetap harus dilakukan,” ucap Subuh, Senin (21/6/2021).

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo yang dalam hal ini diwakili Staf Ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat, Mafilindati Nur Aini menyampaikan program vaksinasi pemerintah yang dilakukan dengan cara kemitraan bersama pihak swasta menjadi salah satu kunci suksesnya percepatan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat.

“Melalui vaksinasi Covid-19 massal yang kami adakan bersama ini, kami berharap para pelaku pariwisata dan sektor pelayanan publik dapat kembali bergerak untuk pemulihan perekonomian di Kabupaten Sleman dan sekitarnya,” katanya.

VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto menyampaikan Danone di Indonesia, melalui dua bisnis utamanya Air Minum Dalam Kemasan dan Specialized Nutrition, semakin memperkuat komitmennya untuk terus berkontribusi dalam mendukung Pemerintah untuk memulihkan kesehatan dan ekonomi masyarakat di Indonesia diantaranya melalui program vaksinasi covid-19. “Melalui misi One Planet One Health, kami percaya bahwa kesehatan manusia dan bumi saling terkait satu sama lain. Inilah yang menjadi motivasi kami untuk terus berkontribusi di bidang kesehatan dan lingkungan,” ujar Vera.

Selama masa pandemi, Danone Indonesia bersama berbagai elemen masyarakat dan juga mitra usaha terus mendukung Pemerintah untuk melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 di lebih dari 400 sentra vaksinasi yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.  Selain mendukung terselenggaranya kegiatan sentra vaksinasi, Danone pun turut menyediakan hidrasi bagi tenaga kesehatan dan penerima vaksin dengan AQUA sebagai Official Hydration Partner dan memberikan kegiatan edukasi seputar nutrisi yang dipersembahkan oleh divisi Specialized Nutrition Danone Indonesia.

“Sejak tahun lalu hingga saat ini, Danone di Indonesia telah bekerja sama dengan pemerintah, pihak swasta, berbagai lembaga, rumah sakit, maupun organisasi sosial untuk menyalurkan bantuan senilai total Rp56 Miliar yang berupa berbagai keperluan medis untuk penanggulangan covid-19 hingga bantuan dalam bentuk penyelenggaraan sentra vaksinasi Covid-19 seperti yang saat ini dilakukan,” ucap Vera.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Hotel JW Marriot Yogyakarta didukung oleh tenaga kesehatan dari sejumlah Puskesmas setempat dan mampu melayani hingga 1.300 dosis vaksin setiap harinya. Penerima vaksin dapat menunjukan KTP Sleman atau surat keterangan domisili/bekerja di wilayah Kabupaten Sleman.

Selain itu, Danone Indonesia juga mendukung program vaksinasi gotong royong.

“Untuk Danone salah satu perusahaan yang sudah memulai 5.000 alokasi pertama vaksinasi. Kemudian alokasi berikutnya 5.000. Dari total keseluruhan order kami vaksin gotong royong karyawan, keluarga, mitra kami lebih dari 20.000,” ucapnya.