Cegah Penularan Covid-19, Kru Angkutan Umum di DIY Divaksin

Sekitar 1.100 orang awak angkutan umum penumpang diberi vaksin Covid-19 di sekitar Bandara Adi Sucipto, Rabu (23/6/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
23 Juni 2021 11:27 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Sekitar 1.100 orang kru angkutan umum di wilayah DIY menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi ini diharapkan dapat mencegah penularan virus Corona antar kru dan juga penumpang angkutan umum.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang DI Yogyakarta Agus Doto Pitono mengatakan pelaksanaan vaksinasi ini digelar untuk mencegah penularan Covid-19 baik di kalangan kru maupun masyarakat yang memanfaatkan layanan angkutan umum. Dengan demikian, katanya, kepercayaan masyarakat dapat segera meningkat untuk memanfaatkan layanan angkutan umum.

"Program vaksinasi ini digelar juga untuk memulihkan perekonomian khususnya angkutan umum. Kalau kru angkutan umum di DIY divaksin, diharapkan penularan Covid-19 dapat dicegah dan kepercayaan masyarakat semakin meningkat," katanya di sela kegiatan vaksinasi kru penumpang di Bandara Adisucipto Jogja, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Lonjakan Covid-19 Ganggu Layanan Pasien Umum

Kegiatan tersebut, kata Doto, digelar berkat kolaborasi antara Jasa Raharja dengan Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Pemda DIY, RS Harjolukito dan Organisasi Angkutan Darat (Organda) DIY. "Kami berkomitmen untuk terus memberikan dampak positif kepada masyarakat dengan turut membantu menyukseskan pelaksanaan program vaksinasi ini agar kita dapat segera keluar dari pandemi bersama-sama," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan sampai saat ini belum ada laporan adanya kru angkutan umum yang terpapar Covid-19. Hanya saja, pandemi menyebabkan kru dan perusahaan angkutan umum terdampak secara ekonomi.

Dia berharap setelah vaksinasi diberikan, kru angkutan umum tetap menerapkan protokol kesehatan sebagaimana dianjurkan oleh pemerintah. "Jadi jangan lengah, tetap berlakukan protokol kesehatan setelah divaksin. Vaksinasi ini diharapkan membantu bangkitnya aktivitas ekonomi khususnya angkutan umum," kata Made.

Baca juga: Ini 8 Lokasi dan Jadwal Vaksinasi Covid-19 di DIY

Ketua DPD Organda DIY V, Hantoro, berharap agar seluruh awak angkutan darat di DIY bisa diberikan vaksinasi Covid-19 secepat mungkin agar segera melayani masyarakat. Organda mengajukan program vaksinasi kru angkutan umum kepada Dinkes DIY sekitar 5.500 orang dan baru terealisasi seriuan orang.

"Bila seluruh awak angkutan darat di DIY divaksin maka akan muncul kepercayaan diri dan memberikan rasa aman baik antar awak angkutan maupun penumpang," haranya.