Buntut Rewang Hajatan, 100 Warga di Bantul Swab Massal

Ilustrasi. - Freepik
24 Juni 2021 12:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sebanyak 100 warga di Kalurahan Srigading, Sanden menjalani swab PCR massal, menyusul adanya satu warga yang mengalami gejala mengarah ke Covid-19.

Warga yang mengalami gejala mengarah ke Covid-19 tersebut sempat membantu saudaranya yang akan menjalankam hajatan pernikahan pekan ini.

Lurah Srigading Prabawa Suganda mengatakan swab massal yang digelar sebagai antisipasi adanya penularan Covid-19 di wilayahnya. Sebab, ada salah satu warga di wilayahnya yang sempat membantu persiapan hajatan mengalami batuk, pilek, demam dan kehilangan indra penciuman.

"Karena sempat kontak dengan beberapa warga yang ikut membantu persiapan hajatan," kata Prabawa, Kamis (24/6/2021).

Oleh karena itu, pihaknya lanjut Prabawa, berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kapanewon Sanden dan Puskesmas Sanden menggelar swab massal kepada warga yang sempat berkontak. Awalnya ada 95 warga yang di swab PCR, dan Kamis (24/6/2021) ada lima warga lainnya diswab PCR.

"Untuk yang telah menjalani swab, langsung kami minta isolasi mandiri, sembari menunggu hasil swab," jelasnya.

Sementara untuk hajatan pernikahan yang akan berlangsung pekan ini, Prabawa meminta digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Alhamdulillah orangnya kooperatif. Satgas Covid kalurahan akan mengawasi secara ketat untuk pelaksanaannya," ucapnya.

Sementara, jumlah kasus covid-19 di Bantul, hingga Rabu (23/6/2021) ada 18.144 orang. Atau melonjak sebanyak 302 kasus baru dalam sehari.

BACA JUGA: Ketersediaan Oksigen di RSUD Nyi Ageng Serang Masih Cukup

Tambahan kasus baru itu berasal dari Kecamatan Jetis 57 orang, disusul Banguntapan 51 orang, Imogiri 40 orang, Sewon 26 orang, serta Pandak 20 orang, dan Bantul juga 20 orang.

Selanjutnya dari Srandakan 19 orang, Kretek 18 orang, Kasihan 17 orang, dan Pleret 10 orang, kemudian dari Bambanglipuro delapan orang, Sanden enam orang, dan Pajangan juga enam orang, sisanya dari Pundong dua orang, serta Sedayu dua orang.