DIY Dapat Pasokan Satu Tanki Oksigen

Ilustrasi. - Reuters
25 Juni 2021 08:47 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji memastikan DIY saat ini sudah mendapat tambahan pasokan oksigen dari PT Samator sebanyak satu tanki oksigen. Dia mengatakan jumlah oksigen tersebut akan didistribusikan ke beberapa rumah sakit dan dinilai cukup untuk beberapa hari ke depan.

PT Samator merupakan salah satu perusahaan pemasok oksigen yang ada di Kendal Jawa Tengah, “Jadi kita sudah kontak dengan PT Samartor, sekarang sedang perjalanan, mudah-mudahan nanti malam [Kamis malam] itu kita sudah mendapatkan kiriman. Sekarang posisi kiriman berangkat dari Jakarta. Walaupun perusahaan di Kendal tapi posisi yang kontainer berisi [oksigen], posisi ada di Jakarta dan sekarang perjalanan ke sini [ke DIY],” kata Baskara Aji, di Kompleks Kepatihan, Kamis (24/6/2021).

Baskara Aji mengatakan kiriman oksigen itu tidak dalam bentuk tabung melainkan tanki. Nantinya oksigen tersebut akan didistribusikan ke sejumlah rumah sakit di kabupaten dn kota di DIY. Dia tidak mengetahui kapsitas isi oksigen tersebut.

Namun Baskara Aji memperkirakan kiriman oksigen tersebut aman untuk beberapa hari ke depan sehingga rumah sakit tidak perlu cemas, “Saya kira untuk 3-4 hari ke depan masih cukup, nanti PT Samator juga akan mendatangkan oksigen yang dari Surabaya ke Jogja, menyusul,” ucap baskara Aji.

Baca juga: Covid-19 di DIY Kian Menggila & Terus Catat Rekor, Warga Diminta Diam di Rumah

Kepala Bagian Humas dan Marketing Rumah Sakit Bethesda Jogja, Adhiyanto Priambodo mengatakan pasokan oksigen di Bethesda saat ini dalam kondisi aman atau tidak bermasalah. Namun pihaknya juga tengah mempersiapkan skenario jika terjadi masalah kelangkaan oksigen. Namun dia tidak menyebut skenarionya.

“Saat ini [oksigen] masih terkendali, sambil menyiapkan planning kalau terjadi masalah kelangkaan suplai oksigen,” kata Adhiyatno.

Adhiyatno juga mengklaim tidak ada kendala dalam pelayanan pasien umum akibat meningkatnya pasien Covid-19 karena pihaknya memiliki banyak tempat tidur. Total tempat tidur yang dimiliki Bethesda sebanyak 430 tempat tidur. Sementara ruang isolasi pasien Covid-19 sebanyak 39 tempat tidur khusus dewasa dan 14 khusus anak-anak.