Ini Skala Getaran Gempa Bumi di Wilayah Terdampak Gempa Senin Pagi

Pusat gempa bumi pada Senin (28/6/2021) pagi. - Ist/BMKG
28 Juni 2021 07:25 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Gempa bumi terasa di wilayah Jogja hingga Jawa Tengah pada Senin (28/6/2021) pagi. Gempa bumi ini terasa sampai sejumlah daerah di luar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Informasi yang dibagikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jogja, gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 terjadi pada Senin pukul 05:15:29 WIB.

Gempa tersebut dirasakan warga Bantul dan Gunungkidul dengan skala III-IV MMI (Modified Mercalli Intensity).

Penjelasannya, gempa skala III MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Adapun gempa IV MMI, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Gempa bumi tersebut juga dirasakan warga di sejumlah daerah di Jawa Tengah meliputi Purworejo, serta Jawa Timur meliputi Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Nganjuk, masing-masing dengan skala III MMI.

Wilayah Sleman merasakan gempa tersebut dengan skala II hingga III MMI. Kategori II MMI adalah getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sejumlah wilayah di luar DIY yang juga merasakan gempa tersebut dengan skala II MMI meliputi Klaten, Cilacap, Kebumen dan Solo di Jawa Tengah serta Malang, Jawa Timur.

Untuk diketahui, gempa bumi terjadi pada 28 Juni 2021 pukul 05:15:29 WIB, berlokasi 8.49 Lintang Selatan (LS) dan 110.59 Bujur Timur (BT) dengan pusat gempa di 55 km barat daya Gunungkidul DIY, di kedalaman 48 km. BMKG juga menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.