Besok dan Lusa, 2.617 Pedagang dan Pelaku Wisata Pantai Selatan Bantul Divaksin. Cek Lokasinya!

Ilustrasi. - Freepik
29 Juni 2021 14:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Sebanyak 2.617 pedagang dan pelaku wisata di sepanjang Pantai Selatan Bantul, dijadwalkan menjalani vaksinasi massal yang digelar Pemkab Bantul pada Rabu (30/6/2021) dan Kamis (1/7/2021). Pada vaksinasi selama dua hari tersebut,  calon penerima vaksin akan dilayani di empat titik.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Data Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan sejumlah persiapan telah dilakukan pihaknya untuk pelaksanaan vaksinasi.

Sejauh ini ada empat titik vaksinasi yang disiapkan oleh Dispar Bantul, di antaranya di Joglo Parangtritis yang mampu menampung sebanyak 969 pelaku wisata dari Pantai Parangtritis, Mancingan dan Parangkusumo. Selain itu, ada gedung TIC yang mampu menampung sebanyak 586 pelaku wisata dari Pantai Depok, Laguna Depok, Cemoro Sewu dan Gumuk Pasir.

“Vaksinasi juga akan menggunakan balai kalurahan Srigading, Sanden yang mampu menampung 376 pelaku wisata di Pantai Baros, Pengklik, Samas, Pandansimo dan Goa Cemara. Lalu, ada juga Balai Kalurahan Poncosari, Srandakan yang mampu menampung 686 pelaku wisata dari Cangkring, Kwaru, Pantai Baru dan Pandansimo,” katanya, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Covid-19 Terus Tembus Rekor, Haruskah Indonesia Lockdown?

Menurut Markus, sejauh ini empat titik vaksinasi tersebut telah siap dan akan dioperasionalkan pada Rabu (30/6/2021) dan Kamis (1/7/2021) mendatang. Terkait dengan jumlah tenaga vaksinator, Markus mengaku telah dipersiapkan oleh Dinas Kesehatan Bantul. “Untuk perlengkapan lainnya, saat ini dipersiapkan oleh rumah tangga Setda,” ucap Markus.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih sengaja menggelar vaksinasi untuk 2.617 pedagang dan pelaku wisata di sepanjang Pantai Selatan Bantul. Menurutnya vaksinasi dinilai penting, sebagai upaya membentuk kekebalan tubuh yang baik kepada para pelaku wisata dan pedagang. Sebelum, nantinya mereka berhadapan dengan wisatawan yang berasal dari berbagai daerah.

“Kalau semuanya sudah divaksin, ada kemungkinan nanti hari Sabtu dan Minggu kita buka [objek wisata]. Karena kita juga harus berimbang antara pengendalian Covid-19 dengan pemulihan ekonomi,” kata Halim.

Sementara sejumlah pelaku wisata dan pedagang di Pantai Selatan mengaku siap untuk divaksin. Ketua Koperasi Wisata Mina Bahari 45, Pantai Depok, Sutarlan mengatakan telah mendapatkan jadwal vaksinasi, Rabu (30/6/2021). “Dan, kami siap untuk menjalani vaksinasi,” terangnya.