Bantul Catat Rekor 642 Kasus Baru Covid-19 Sehari, Dinkes: karena Aktivitas Sosial

Ilustrasi. - Freepik
30 Juni 2021 15:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Lonjakan kasus harian yang meningkat drastis disebutkan Dinkes Bantul muncul dari berbagai aktivitas sosial. Peningkatan kasus muncul karena epidemi penularan sudah tidak terkendali.

Kasus baru Covid-19 pada Selasa (29/6/2021) di Bantul mencapai 642 kasus. Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo menjelaskan penambahan kasus baru muncul dari berbagai aktivitas sosial. Sehingga dari penambahan yang ada tidak bisa berbicara dari segi klaster saja. "Kita sulit memetakan klaster, karena penularannya sudah trasmisi lokal semua tertular," tuturnya pada Rabu (30/6/2021)

"[Penularan] kegiatan-kegiatan semua aktivitas sosial. Kita sudah enggak ngomong klaster lagi sekarang, susah. Sudah tidak terkendali," ujarnya.

Baca juga: Kota Jogja Disarankan Buka Rumah Sakit Darurat

Epidemi penularan kasus yang tidak terkendali menyebabkan klaster tidak bisa dibedakan lagi. "Memang kalau hajatan timbul banyak iya, tapi semua aktivitas sosial [menyumbang kasus]," tambahnya.

Jumlah 642 kasus baru dalam sehari, merupakan penambahan kasus terbanyak yang pernah ditorehkan Bantul selama pandemi. "Iya ini terbanyak. Dan ini sebagian besar karena kami menerapkan skema swab antigen bagi yang bergejala dan kontak erat," terangnya.

"Kita sebagian dengan swab antigen. Sesuai Permenkes, kalau kondisi overload seperti ini kita menggunakan skema alternatif antigen bagi yang bergejala dan kontak erat. Kalau itu positif ya konfirm positif," tandasnya.