Daftar Segera! Pemkot Jogja Buka Pendaftaran CPNS dan PPPK untuk 930 Formasi

Ilustari pendafataran CPNS online. - menpan.go.id
01 Juli 2021 16:17 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-– Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja buka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021 dengan total 930 formasi. Menurut Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Jogja, Indah Setiawati, sebanyak 546 untuk formasi CPNS dan 384 formasi untuk PPPK.

“Formasi tersebut megalami kenaikan dari tahun sebelumnya pada 2019. Kenaikan sebanyak 216 formasi,” kata Indah kepada media secara daring dari Kompleks Balai Kota Jogja, Kamis (1/7/2021).

Pendaftaran CPNS dan PPPK berlangsung dari 30 Juni sampai 21 Juli 2021. Adapun seluruh rangkaian pendaftaran berlangsung secara daring. Pendaftar bisa mengakses SSCASN untuk membuat akun serta mengunggah persyaratan.

BACA JUGA: Jokowi Minta Kapasitas RS & Alkes Ditingkatkan saat PPKM Darurat

Sementara untuk tes tetap dilaksanakan secara luring dengan pembatasan peserta setiap harinya. “Pendaftaran full online, pada saat pelaksanaan tes sementara ini masih dihadirkan. Namun apabila kondisi normal dari sehari ada lima sesi tes atau sekitar 450 peserta, untuk kondisi pandemi ini maksimal hanya tiga sesi. Peserta dibatasi 200 peserta. Prosesnya panjang tapi menerapkan protokol kesehatan,” kata Indah.

Peserta hanya bisa memilih salah satu formasi saja, CPNS atau PPPK. Tidak bisa kedua-keduanya. Menurut Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian BKPSDM Kota Jogja, Gunawan Adhi Putra, pendaftar juga hanya dapat memilih satu instansi dan satu jabatan. Apabila peserta memilih lebih dari satu serta menggunakan dua identitas kependudukan yang berbeda, maka dia akan gugur atau mendapatkan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Gunawan mengingatkan apabila serangkaian proses ini tidak memungut biaya dari para peserta. “Tidak dipungut biaya. Apabila ada yang meminta [biaya] dengan motif apapun, maka itu penipuan,” kata Gunawan.

Formasi untuk CPNS dan PPPK tahun ini sebanyak 930 orang merupakan jumlah yang disetujui pemerintah pusat dari sekitar 2.000 formasi yang diajukan Pemkot Jogja.