Advertisement

Lagi, Kegiatan Hajatan Jadi Sumber Penularan Covid-19, 38 Warga Kulonprogo Terpapar

Hafit Yudi Suprobo
Kamis, 01 Juli 2021 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Lagi, Kegiatan Hajatan Jadi Sumber Penularan Covid-19, 38 Warga Kulonprogo Terpapar Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Puluhan warga di Dusun Penggung, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kulonprogo terpapar Covid-19. Sumber penularan Covid-19 diduga berasal dari kegiatan hajatan pernikahan dan arisan keluarga.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan penularan kasus positif Covid-19 tersebar di tiga wilayah RT, yaitu RT 69, 70 dan 72, Dusun Penggung, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kulonprogo.

Advertisement

"Saat ini gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Kulonprogo tengah fokus melakukan penelurusan kontak erat," kata Baning pada Kamis (1/7/2021).

Kasus positif Covid-19 yang menyasar puluhan warga di Dusun Penggung, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kulonprogo diduga berawal dari salah satu warga yang mengalami sakit dan harus dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Nanggulan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Forum Pemred Surati Jokowi dan Beri 8 Rekomendasi Penanganan Covid-19

"Setelah dilakukan Rapid Diagnostik Test (RDT) PCR, warga tersebut ternyata terkonfirmasi positif Covid-19. Gugus tugas setempat kemudian melakukan pelacakan dan diketahui bahwa yang bersangkutan sebelumnya ikut dalam kegiatan hajatan pernikahan. Selain itu, pasien ini juga sempat ikut arisan keluarga," kata Baning.

"Diketahui ada banyak kontak erat di mana 38 di antaranya [termasuk kasus pertama] positif Covid-19. Mereka ini ada yang ikut hajatan ada juga yang ikut arisan trah keluarga," sambung Baning.

Lebih lanjut, warga yang terpapar Covid-19 saat ini tengah melakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Terlebih, kasus pertama Covid-19 di klaster penularan Covid-19 Dusun Penggung, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kulonprogo juga sudah kembali ke rumah.

Mayoritas kasus positif Covid-19 di Dusun Penggung, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kulonprogo, tidak mengalami gejala Covid-19. Jika ditemukan gejala Covid-19, masih dalam kategori ringan.

"Sampai saat ini kami masih fokus menelusuri kontak erat dari kasus penularan Covid-19 di Dusun Penggung, Kalurahan Giripurwo, Kapanewon Girimulyo, Kulonprogo. Sudah ada beberapa warga yang menjalani swab tapi belum keluar hasilnya," ujar Baning.

Dikonfirmasi terpisah, Lurah Giripurwo, Mardi Santosa tidak menampik adanya penularan Covid-19 yang terjadi di wilayahnya. Kasus penularan Covid-19 juga diketahui berasal dari kegiatan hajatan yang dilakukan oleh warga.

"Kebetulan di Dusun Penggung memang terdapat banyak sekali hajatan yang digelar secara bergantian. Terakhir, kemarin pas puncaknya ya itu [terjadi penularan Covid-19]," kata Mardi.

"Adanya penularan Covid-19 dari kegiatan hajatan pernikahan di Penggung. Total sementara ada 38, awalnya dari kegiatan hajatan pernikahan yang berlangsung sekitar pertengahan Juni 2021," sambung Mardi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement