Advertisement

Pemda DIY Bentuk Satgas Oksigen

Newswire
Sabtu, 03 Juli 2021 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Pemda DIY Bentuk Satgas Oksigen Ilustrasi. - Antara/Harviyan Perdana Putra

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) Oksigen yang akan bertugas memastikan ketersediaan tabung oksigen di provinsi tersebut.

"Saya sudah minta Asisten II untuk memimpin Satgas Oksigen," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Kamis (1/7/2021).

Advertisement

Menurut Aji, ada dua organisasi perangkat daerah yang akan menjadi penggerak utama Satgas Oksigen yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag DIY) dan Dinas Kesehatan (Dinkes DIY).

Sejumlah rumah sakit, termasuk di DIY sempat kesulitan mendapatkan tabung oksigen. Mereka bahkan harus mencari hingga keluar pulau.

Direktur Utama RS PKU Muhammadiyah Jogja Mohammad Komarudin menjelaskan bahwa pada pekan lalu pasokan oksigen menipis.

"Beberapa waktu lalu kami ketar ketir dengan pasokan oksigen, bahkan Sabtu, Minggu sampai Senin kemarin [pekan lalu] itu patokan hitungan jam," ujar Komarudin.

Karena persediaan yang mengkhawatirkan itu, dia  kemudian mencari oksigen ke sejumlah tempat lain, bahkan hingga ke Denpasar, Bali.

"Kami datangkan dari Surabaya bahkan Denpasar. Satu truk dari Denpasar 202 tabung dan konsentrat dari Surabaya. Ini untuk mem-back up," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan telah menjamin ketersediaan oksigen dengan meminta pengalihan 90% produksi oksigen untuk kebutuhan medis.

"Terkait ketersediaan oksigen, kami sudah meminta kepada Menteri Perindustrian agar memerintahkan para produsen oksigen mengalokasikan 90 persen produksinya untuk kebutuhan medis," kata Luhut dalam keterangan pers terkait pelaksanaan PPKM Darurat secara virtual, Kamis.

Oleh karena itu, ia meminta masing-masing provinsi membentuk satgas yang memastikan ketersediaan oksigen, alkes, dan farmasi yang berkoordinasi langsung dengan Menkes jika terjadi kesulitan pasokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement