Pemkot Jogja Akan Rutin Sidak Prokes Selama PPKM Darurat

Ilustrasi - Antara
06 Juli 2021 17:37 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja akan rutin menggelar inspeksi mendadak (sidak) selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dari 3-20 Juli 2021. Pada hari ke-4 PPKM Darurat, Selasa (6/7/2021), Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti melakukan sidak di Pasar Kranggan. Sidak ini guna memastikan seluruh warga masyarakat taat protokol kesehatan (prokes) dalam melaksanakan aktivitas ekonomi di pasar.

"Hal ini dimaksudkan agar perekonomian di tengah pandemi bisa tetap berjalan. Supaya perekonomian ini bisa berjalan kuncinya adalah masyarakat harus disiplin dalam menerapkan prokes sesuai imbauan pemerintah," kata Haryadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (6/7/2021).

Haryadi mengapresiasi masyarakat termasuk pelaku usaha yang sudah taat prokes. Kegiatan sidak semacam ini akan terus dilakukan selama penerapan PPKM darurat. Harapannya ke depan masyarakat semakin taat prokes dan penyebaran Covid-19 di Kota Jogja bisa turun.

Haryadi meminta agar Dinas Perdagangan Kota Jogja terus meningkatkan pengawasan penerapan prokes di pasar-pasar tradisional. “Untuk prokes tetap diterapkan sebagaimana dengan standar operasional prosedur yakni protokol 5M," katanya.

Haryadi menekankan pentingnya memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di masa pandemi ini. Selain prokes, perlu juga mengatur alur masuk dan keluar pengunjung pasar tradisional.

“Harapan masyarakat yang berkunjung ke pasar tetap disiplin menerapkan prokes. Kami harap bisa memulihkan ekonomi tapi tetap menjalankan prokes,” kata Haryadi.