Advertisement

Bandara Adisutjipto Siapkan Sentra Vaksinasi Covid-19

Herlambang Jati Kusumo
Selasa, 06 Juli 2021 - 18:37 WIB
Budi Cahyana
Bandara Adisutjipto Siapkan Sentra Vaksinasi Covid-19 PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta membuka Sentra Vaksinasi Covid-19 yang diperuntukkan bagi para calon penumpang perjalanan udara di Bandara Adisutjipto, mulai Selasa (6/7/2021). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta membuka Sentra Vaksinasi Covid-19 yang diperuntukkan bagi para calon penumpang perjalanan udara di Bandara Adisutjipto, mulai Selasa (6/7/2021).

Sentra Vaksinasi di Bandara Adisutjipto bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan DIY dan Dinas Kesehatan Sleman, serta komunitas bandara lainnya. Layanan vaksinasi di Bandara Adisutjipto berlokasi di Gedung EMPU Sisi Timur Bandara Adisutjipto, berdekatan dengan Fasilitas Rapid Test Antigen Bandara. Pelayanan dilakukan setiap hari, pukul 09.00 – 12.00 WIB. Adapun jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac.

Advertisement

"Penyediaan layanan vaksinasi di bandara ini merupakan bentuk dukungan PT Angkasa Pura I (Persero) dalam mewujudkan target 1 juta vaksin per hari pada Juli dan 2 juta vaksin per hari pada Agustus 2021. Diharapkan dengan adanya sentra vaksinasi di bandara ini akan memperluas dan mempermudah masyarakat, khususnya calon penumpang, untuk mendapatkan vaksin Covid-19 sehingga herd immunity berdasarkan vaksin dapat segera terwujud," ucap General Manager Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama, melalui siaran pers.

Penyediaan sentra vaksinasi di bandara ini juga untuk mendukung penerapan persyaratan protokol kesehatan pada masa PPKM Darurat karena syarat perjalanan udara dalam negeri menuju dan dari Jawa serta Bali adalah harus menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil tes PCR.

“Sesuai dengan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 45 tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pasa Masa Pandemi Covid-19, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan udara dari atau menuju Pulau Jawa dan Bali wajib menunjukkan kartu vaksinasi, minimal dosis pertama. Untuk itu, selain mempercepat vaksinasi pada masyarakat, pelayanan sentra vaksinasi ini kami harap dapat mempermudah masyarakat yang memiliki kepentingan untuk melakukan perjalanan udara namun belum mendapatkan vaksin Covid-19. Dengan catatan, kami imbau untuk melakukan vaksinasi minimal H-1 sebelum jadwal keberangkatan,” ucap Pandu.

Rerdapat beberapa syarat dan ketentuan untuk dapat mengikuti vaksinasi di sentra vaksinasi bandara Angkasa Pura I. Pertama, vaksin yang diberikan untuk dosis pertama. Kedua, menunjukkan KTP asli dan tiket/e-ticket penerbangan sesuai dengan dengan jadwal penerbangan. Ketiga, melakukan vaksinasi di bandara satu hari sebelum jadwal keberangkatan. Keempat, mengikuti proses vaksinasi sesuai prosedur.

Adapun proses dan prosedur vaksinasi di bandara diperkirakan memerlukan waktu sekitar 33 menit per orang dengan rincian proses, pertama proses registrasi 5 menit, pendaftaran, pemeriksaan dokumen, mendapatkan nomor antrean, pengisian surat pernyataan. Kedua, proses pemeriksaan kesehatan 5 menit, pengukuran suhu tubuh, pemeriksaan tekanan darah, screening riwayat penyakit. Ketiga, proses vaksinasi 3 menit, pelaksanaan vaksin. Keempat, proses observasi 20 menit, penilaian efek samping setelah vaksin, menunggu surat keterangan vaksinasi. Kelima, proses penyelesaian 1 menit, mendapatkan surat keterangan vaksin dan setelahnya dapat meninggalkan lokasi vaksin. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement