Advertisement

Instansi Didorong untuk Lakukan Audit Komunikasi Secara Jujur

Media Digital
Minggu, 11 Juli 2021 - 14:47 WIB
Sunartono
Instansi Didorong untuk Lakukan Audit Komunikasi Secara Jujur Webinar nasional Audit Komunikasi dalam Praktik Public Relations yang diselenggarakan oleh para mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta angkatan ke-6. - Ist.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Kesadaran perusahaan ataupun instansi melakukan audit komunikasi selama ini masih relatif rendah. Padahal langkah ini penting dilakukan sebagai upaya deteksi awal efektivitas perencanaan dan strategi yang dilakukan selama ini.

Hal inilah yang mengemuka pada webinar nasional Audit Komunikasi dalam Praktik Public Relations yang diselenggarakan oleh para mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta angkatan ke-6. Hadir sebagai narasumber pada webinar ini antara lain pakar audit komunikasi sekaligus Dosen UPN Veteran Yogyakarta Puji Lestari, SVP Corporate Communications PT Pupuk Indonesia (Persero) Wijaya Laksana dan Managing Director DASA Strategic Communications Sam August Himawan.

Advertisement

Puji Lestari, audit komunikasi bukanlah momok yang harus ditakuti. Justru pada saat dilakukan audit, perusahaan harus menyampaikan fakta yang sebenarnya. “Jadi harus disampaikan fakta yang sebenarnya, meskipun itu buruk. Kalau ada yang ditutupi demi agar kelihatan baik saat dilakukana audit, itu justru menjadi awal dari kehancuran. Karena akhirnya perusahaan ataupun instansi tidak akan mendapatkan rekomendasi kebijakan dan strategi penyelesaian permasalahan yang tepat. Ingat, banyak organisasi yang gagal karena berawal dari masalah komunikasi,” ujar Puji Lestari dalam webinar nasional yang dilaksanakan Sabtu (10/7/2021).

Lebih lanjut Puji Lestari mengatakan, audit komunikasi adalah upaya preventif untuk mendeteksi permasalahan komunikasi di berbagai lini yang ada di instansi dan perusahaan. Apabila deteksi tersebut bisa dilakukan lebih awal, tentunya bisa meminimalisir terjadinya krisis atau kegagalan.

Wijaya Laksana dari PT Pupuk Indonesia (Persero) menilai audit komunikasi penting dilakukan sebagai bahan perencanaan ataupun evaluasi program yang dilakukan. Langkah ini harus dimulai justru dari hal-hal yang kecil dan dilakukan.

PT Pupuk Indonesia sendiri menjadi salah satu perusahaan yang telah mengimplementasikan audit komunikasi. Hasilnya pun memberikan dampak yang sangat signifikan bagi perusahaan secara keseluruhan. Terutama berkenaan dengan perlunya rencana komunikasi jangka menengah dan panjang dalam bentuk cetak biru komunikasi, termasuk di dalamnya agenda setting, media plan, dan perencanaan strategis lainnya.

"Tidak ketinggalan adalah akhirnya kami membentuk tim komunikasi krisis. Jadi ketika krisis terjadi, kita telah memiliki perencanaan komunikasi dan penanganan yang matang,” katanya.

Konsultan komunikasi Sam August Himawan menambahkan perusahaan dan instansi harus didorong untuk melakukan audit komunikasi secara berkala. Praktik audit komunikasi menjadi hal yang makin krusial di tengah membanjirnya informasi di era digital.

"Informasi yang melimpah cenderung rawan bias dan sulit untuk dikenalikan. Inilah yang membuat audit komunikasi menjadi hal yang makin krusial, seperti halnya audit keuangan,” ungkapnya dalam webinar yang diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia tersebut.

SKKNI Auditor

Pakar audit komunikasi UPN Veteran Yogyakarta Puji Lestari mengatakan tanpa diketahui banyak pihak, pemerintah Indonesia sebenarnya telah memiliki Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Auditor Komunikasi. Hal ini menjadi sebuah peluang bagi para pakar komunikasi untuk terjun sebagai auditor komunikasi.

“Sudah ada standar dan harusnya ini diimplementasikan oleh setiap perusahaan dan instansi. Bagaimana mereka bisa secara berkala melakukan audit komunikasi,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement