Kejari Kulonprogo Gelar Vaksinasi Covid-19, Warga Sekitar Jadi Sasaran

Kajari Kulonprogo Kristanti Yuni Purnawanti saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kantor Kejari Kabupaten Kulonprogo pada Kamis (15/7/2021). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
15 Juli 2021 16:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebanyak 110 warga mengikuti kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Kulonprogo pada Kamis (15/7/2021). Kegiatan vaksinasi Covid-19 menggunakan merek vaksin AstraZeneca. Pelaksanaan vaksinasi menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Kulonprogo Kristanti Yuni Purnawanti mengatakan upaya vaksinasi yang digelar oleh jajarannya tersebut diperuntukkan untuk warga yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Sasarannya adalah warga yang berada di sekitar kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Kulonprogo, pegawai Kejari yang belum melaksanakan vaksinasi Covid-19, kemudian keluarga dari pegawai Kejari yang belum mendapatkan kesempatan vaksinasi," kata Kristanti pada Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Belum Sebulan, Satgas Sleman Sudah Makamkan 534 Jenazah

Upaya vaksinasi yang dilakukan oleh Kejari Kabupaten Kulonprogo juga menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19. Yakni, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 menggunakan sistem sif. Tujuannya, menghindari kerumunan dan meminimalisir terjadinya penularan Covid-19.

"Pelaksanaan vaksinasi dibagi menjadi empat sif. Kemampuan dari tenaga kesehatan kan terbatas ya. Banyak nakes yang terpapar Covid-19, akhirnya ketersediaan nakes minim," kata Kristanti.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo Sri Budi Utami mengapresiasi upaya vaksinasi yang dilakukan oleh Kejari Kabupaten Kulonprogo. Selain dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa, upaya tersebut sejalan dengan semangat gugus tugas penanganan Covid-19 kabupaten Kulonprogo dalam upaya mempercepat upaya vaksinasi ke seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: Jumlah Orang Miskin di Indonesia Naik 1,12 Juta pada Maret 2021

"Kita tahu strategi penanganan Covid-19 itu salah satunya adalah vaksinasi. Upaya vaksinasi yang dilakukan oleh Kejari Kabupaten Kulonprogo adalah mendukung herd immunity di kabupaten Kulonprogo," kata Sri Budi.

Sri Budi juga mengharapkan agar upaya vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh Kejari Kabupaten Kulonprogo tidak menimbulkan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) yang serius.

"Kalau sedikit demam, badan pegal itu ya biasa ya. Namun, semua itu harapannya dilaporkan kepada kami ya. Nanti kami sediakan contact person yang bisa dihubungi setiap saat," kata Sri Budi.