Menkes: Varian Delta Sudah Masuk DIY Sejak Juni

Ilustrasi - Freepik
17 Juli 2021 18:47 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut virus Corona varian Delta sudah masuk di lebih dari 14 provinsi di Indonesia, termasuk DIY.

"Data dari Gisaid.org, ada 20 sampel bulan Juni dari Yogyakarta [DIY] yang terkonfirmasi mengandung varian Delta," kata Budi Gunadi Sadikin seusai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X,  di Bangsal Kepatihan, Sabtu (17/7/2021).

BACA JUGA: Data Baru Menunjukkan Vaksin Covid-19 Tekan Kematian hingga 0,4%

Budi Gunadi mengatakan kementerian rutin memasukkan data ke Gisaid.org. “Memang betul varian Delta di Indonesia sudah cukup banyak. Lebih dari 14 provonsi," ujarnya.

Kementerian Kesehatan bersama semua pihak akan mempercepat vaksinaso. Di DIY, vaksinasi akan digenjot sampai 100% sesuai arahan Presiden Joko Widodo.   

Selain Menkes Budi Gunadi Sadikin,  dalam kunjungan tersebut ada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto,  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo,  dan Kepala Badan Nasiobal Penanggulangan Bencana (BNPB)  sekaligus Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional Letjen TNI Ganip Warsito.

Rombongan datang sekitar pukul 16.00 WIB dan berbincang dengan Sultan sekitar satu jam.