DIY Dapat Bantuan 500 Oksigen Konsentrator

Ilustrasi - Antara/Rahmad
21 Juli 2021 18:37 WIB Ujang Hasanudin Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY mendapat bantuan 500 unit oksigen konsentrator dari Kementerian Kesehatan. Bantuan tersebut sudah didistribusikan ke sejumlah rumah sakit.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan saat ini sudah tidak ada lagi keluhaa rumah sakit kekurangan oksigen karena pada tiga hari lalu sudah ada bantuan oksigen dalam bentuk konsentrator sebanyak 100 unit dari Kementerian Kesehatan.

BACA JUGA: Sepi Peminat, Pendaftaran ASN Gunungkidul Diperpanjang

Sebelumnya, DIY juga sudah mendapat kiriman oksigen konsentrator sebanyak 400 unit. “Ditambah 100 berarti ada 500 sekian oksigen konsentrator. Oksigen tersebut bisa memenuhi sekitar lima juta liter bagi rumah sakit-rumah sakit,” kata Baskara Aji, Rabu (21/7/2021).

Oksigen konsentrator adalah oksigen yang dapat mengonversi udara menjadi oksigen medis hanya dengan disambungkan ke aliran listrik. Menurut Baskara Aji, oksigen tersebut dapat menjadi solusi saat pasikan oksigen likuid mengalami keterlambatan pengisian di rumah sakit.

Bantuan oksigen konsentrator yang didistrbusikan tersebut sesuai permintaan di masing-masing rumah sakit secara daring. Baskara Aji meminta bagi rumah sakit yang sudah mengajukan secara online tetapi belum mendapat pasokan agar segera menghubungi Satgas atau tim oksigen yang diketuai oleh Tri Saktiana selaku Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan.

Selain mengandalkan pasokan oksigen likuid dan juga oksigen konsentrator, Pemda DIY juga berencana membangun generator oksigen sebanyak tiga unit. Generator pengisian oksigen tabung tersebut rencananya mulai beroperasi pada satu sampai satu setengah bulan ke depan.

“Itu strategi kami memenuhi oksigen. Pemda DIY berencana membangun generator oksigen sebanyak tiga buah harapannya satu setengah bulan ke depan bisa dioperasionalkan. Ini produk tabung dalam gas itu sekitar 400-500 tabung besar per hari,” ujar Baskara Aji.