Sepi Peminat, Pendaftaran ASN Gunungkidul Diperpanjang

Ilustrasi PNS - JIBI
21 Juli 2021 13:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Pemkab Gunungkidul memastikan adanya perpajangan masa pendaftaran calon Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga 26 Juli mendatang. Masa perpanjangan ini untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat dalam proses seleksi baik CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

Kepala Bidang Formasi dan Data Pegawai, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul, Reni Linawati mengatakan, pendaftaran ASN harusnya ditutup pada Rabu (21/7/2021). Namun demikian, berdasarkan surat dari Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 6201/B-KS.04.01/SD/K/2021 tertanggal 19 Juli, maka ada perpanjangan pendaftaran selama lima hari.

BACA JUGA : BKN Perpanjang Pendaftaran CPNS 2021 hingga 26 Juli

“Pendaftaran akan ditutup pada 26 Juli mendatang,” kata Reni kepada Harianjogja.com, Rabu.

Dia menjelaskan, berdasarkan surat edaran tersebut, perpanjangan bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut dalam seleksi. Selain itu, perpanjangan dilakukan juga disebabkan karena minat masyarakat yang dinilai masih kurang dibandingkan dengan proses pendaftaran di tahun-tahun sebelumnya.

“Ini tidak hanya di Gunungkidul, tapi juga terjadi di daerah-daerah lain,” katanya.

Data dari BKPP Gunungkidul, rekrutmen ASN tahun ini mendapatkan jatah CPNS sebanyak 98 formasi, P3K guru sebanyak 1.258 formasi dan P3K non guru sebanyak 55 formasi. Meski demikian, hingga Rabu pagi belum semua kuota terisi.

BACA JUGA : Catat! Formasi CPNS dan PPPK Pemkot yang Sepi Peminat

Untuk pendaftaran CPNS yang mengisi formulir ada 1.264 pendaftar. Sedangkan untuk P3K non guru yang mengisi formulir sebanyak 77 orang dan P3K guru sebanyak 911 pendaftar. “Mudah-mudahan dengan perpanjangan ini maka seluruh kuota bisa terisi semua,” ungkapnya.

Disinggung mengenai adanya lowongan yang belum ada pendaftarnya, Reni mengakui data masih bersifat umum. Ia berdalih untuk mengetahui hal tersebut harus dilakukan pengolahan data terlebih dahulu.

“Ini masih sementara dan dengan perpanjangan jumlah pendaftar masih bisa berubah,” katanya.

BACA JUGA : Pemkab Sleman Buka Perekrutan CPNS, Cek Formasinya

Salah seorang warga Kepek, Kapanewon Wonosari, Yessica Novariaveni mengatakan, sudah mengetahui informasi rekrutmen ASN di lingkup Pemkab Gunungkidul. Berhubung tidak ada lowongan CPNS untuk guru, maka ia akan mencoba peruntungan melalui P3K guru. “Saya sudah mendaftar untuk rekrutmen P3K sejak dua minggu lalu,” katanya.

Yessi mengaku sudah mulai melakukan persiapan. Salah satunya mempelajari aturan terkait hingga perekrutan hingga masa kerja untuk P3K. “Kalau dilihat dari aturan maka akan dikontrak selama lima tahun,” katanya.