Siap-siap! Dua Ruas Jalan Sudirman Bantul Bakal Ditutup

Salah satu ruas jalan yang sudah ditutup di Bantul. - Harian Jogja/Jumali.
22 Juli 2021 11:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Pemkab Bantul menutup ruas Jalan Jendral Sudirman, tepatnya dari simpang empat Gose ke arah Kota Bantul dan simpang empat Klodran ke arah Kota Bantul pada Sabtu (24/7/2021) dan Minggu (25/7/2021). Penutupan Jalan Jendral Sudirman ini dilakukan sebagai mengurangi mobilitas masyarakat selama PPKM level 4.

“Penutupan ini selama 24 jam. Kami berlakukan untuk hari Sabtu [24/7/2021] dan Minggu [25/7/2021],” kata Kepala Dinas Perhubungan Bantul Aris Suharyanta, Kamis (22/7/2021).

BACA JUGA : Ingat! Ini Daftar Lokasi Penutupan & Pemadaman Jalanan

Lebih lanjut Aris mengungkapkan, penutupan Jalan Jendral Sudirman, tepatnya di simpang empat Gose sampai simpang empat Klodran bukan kali pertama. Sebelumnya, dua ruas jalan tersebut ditutup pada pukul 20.00 WIB hingga 05.00 WIB.

“Nanti pada Sabtu dan Minggu akhir pekan ini kami berlakukan penutupan selama 24 jam,” ujarnya.

Selain menutup dua ruas jalan tersebut, Aris mengaku masih menerapkan penutupan di sejumlah ruas jalan. Untuk simpang empat dongkelan, simpang druwo dan simpang wojo masih diberlakukan penutupan.

Sementara sesuai dengan Instruksi Bupati Bantul (Inbub) No.20/Instr/2021 tentang PPKM level 4, masih diberlakukan adanya larangan aktivitas pedagang kaki lima dan aktivitas masyarakat lainnya di Jalan Jenderal Sudirman dari perempatan Gose sampai perempatan Klodran, dan perempatan Gose sampai dengan perempatan Kantor BPN, mulai jam 20.00 WIB sampai jam 05.00 WIB.

“Dan sementara memang masih kami berlakukan, sampai menunggu perintah lebih lanjut,” jelas Aris.

BACA JUGA : PPKM Darurat: Sejumlah Ruas Jalan Kota Jogja Ditutup

Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan sejauh ini penyekatan ruas jalan di Bantul dinilai cukup efektif menekan mobilitas warga. Oleh karena itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub untuk merealisasikan rencana penambahan penyekatan akses jalan di akhir pekan. Tujuannya, untuk menekan mobilitas warga.

“Mungkin sekitar dua hingga tiga titik ruas jalan nantinya,” ungkap Kapolres.

Sekda Bantul, Helmi Jamharis mengatakan sejauh ini pemkab terus berupaya untuk menekan mobilitas warga saat pelaksanaan PPKM level 4 diberlakukan hingga 25 Juli mendatang. Oleh karena itu penyekatan tetap akan dipertahankan.

“Harapannya dengan adanya penurunan mobilitas akan diimbangi dengan penurunan kasus Covid-19 nantinya,” katanya.