PPKM Darurat: Sejumlah Ruas Jalan Kota Jogja Ditutup, Termasuk Menuju ke Malioboro

Jalan Malioboro sepi pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Senin (5/7/2021). - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
05 Juli 2021 13:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA— Sejumlah ruas jalan di Kota Jogja ditutup selama penerapan PPKM Darurat. Penutupan jalan dimulai pada Senin (5/7/2021) terutama untuk mencegah kerumunan di kawasan Malioboro.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, setidaknya ada tiga ruas jalan menuju kawasan Malioboro yang ditutup oleh petugas kepolisian. Penutupan dimulai dari kawasan barat Stadion Kridosono atau di ujung Jalan Abu Bakar Ali tepatnya di Depan Kafe Legend. Penutupan serupa juga dilakukan kawasan jembatan Kleringan yang merupakan pintu masuk menuju Malioboro dari arah utama. Kemudian kawasan Gardu Anima tau titik yang lebih dekat dengan Jalan Malioboro pun ditutup kemudian alihkan menuju Jalan Pasar Kembang.

Kapolresta Jogja Kombes Pol Purwadi menjelaskan penutupan ruas jalan sementara masih dilakukan pada tiga titik tersebut, yaitu Kleringan, Simpang Tiga Kridosono-Abu Bakar Ali dan Gardu Anim.

Baca juga: Selama PPKM Darurat, Beberapa Layanan di MPP Kota Jogja Tutup Sementara

“Untuk penutupan ruas jalan berkaitan dengan PPKM Darurat, pada Hari Senin 5 Juli 2021 ini sementara baru tiga titik yang ke arah Malioboro, seperti Kleringan, depan Kafe Legend dan Garduanim,” katanya, Senin (5/7/2021).

Purwadi mengatakan penutupan jalan itu dilakukan secara tentatif dengan melihat tingkat kepadatan arus lalu lintas. Sistem buka dan tutup masih memungkinkan dilakukan pada pagi hingga siang hari, terutama memberikan akses kepada pengendara roda dua. Namun penutupan secara permanen akan dilakukan mulai pukul 17.00 WIB. Polresta Jogja menyiagakan personel di setiap titik penutupan jalan tersebut untuk mengalihkan arus.

“Sementara tentatif, dari pagi sampai siang dengan kita lihat kepadatan arus, yang boleh lewat hanya R2 [kendaraan roda dua] saja. Kalau tutup permanen mulai pukul 17.00 WIB. Personel kami siagakan namun tidak setiap jam, terutama pada jam -jam antara 07.00 WIB pagi sampai jam 10.00 WIB, dan sore antara jam 17.00 sampai 20.00 WIB,” jelasnya.

Baca juga: Satgas Bubarkan Kerumunan Anak Muda di Lapangan Denggung

Penutupan ketiga ruas jalan itu tujuannya untuk mencegah terjadinya kerumunan di kawasan Malioboro. “Ketiga itu fokusnya mencegah kerumunan di Malioboro,” katanya.

Purwadi mengatakan, penutupan ruas jalan lain juga akan dilakukan terutama pada titik yang memungkinkan menimbulkan kerumunan di Kota Jogja. “Salah satunya yang kami kaji untuk ditutup itu di Simpang Tiga Gejayan, arah Jalan Solo depan Toko Cat itu, kami akan tutup dalam waktu dekat ini,” ucapnya.