Advertisement

30 Persen Warga Binaan Pemasyarakatan di DIY Telah Divaksin

Yosef Leon
Senin, 02 Agustus 2021 - 08:37 WIB
Sunartono
30 Persen Warga Binaan Pemasyarakatan di DIY Telah Divaksin Foto Ilustrasi pelaksanaan vaksinasi. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DIY mencatat sekira 30 persen warga binaan pemasyarakatan (WBP) di wilayah setempat telah menerima program vaksin dari jumlah sasaran sebanyak 1.745 orang. Program itu ditargetkan bisa rampung pada Oktober mendatang.

"Totalnya masih sekira 30 persen yang sudah divaksin atau di angka 500 orang lebih," kata Kepala Kanwil Kemenkumham DIY, Budi Situngkir, Minggu (1/8/2021).

Advertisement

Budi mengungkapkan, sebagai salah satu upaya dalam mempercepat penanganan Covid-19, program vaksin penting dilakukan. Untuk itu pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemda DIY agar progres vaksin bagi para WBP segera rampung.

BACA JUGA : Vaksinasi di Bantul Aman sampai Akhir Agustus

Namun demikian, dia mengakui bahwa diakibatkan sejumlah hal vaksinasi bagi para WBP agak sedikit terkendala. Pelaksanaannya pun masih belum seragam di antara Kabupaten/Kota di wilayah DIY.

"Intinya sambil berjalan akan lanjut terus. Tapi karena keterbatasan beberapa Kabupaten/Kota ada yang sudah bergerak, ada yang sudah dilakukan di UPT kita dan juga Rutan sudah mulai," kata dia.

Salah satu kendala yang menyebabkan vaksinasi bagi WBP belum berjalan serentak yakni dikarenakan oleh paparan Covid-19 di sejumlah Lapas. Beberapa waktu lalu ratusan orang di Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta di Pakem, Sleman terpapar Covid-19.

"Makanya kami ingatkan agar taat protokol kesehatan. Terutama bagi pegawai," ujar dia.

Kepala Rutan Jogja, Yudo Adi Yuwono mengungkapkan, demi menyukseskan program pemerintah tentang terbentuknya kekebalan kelompok, pihaknya juga telah memulai program vaksinasi kepada para WBP.

"Beberapa waktu lalu kami telah melakukan penyuntikan vaksin kepada WBP. Tinggal menunggu penyuntikan vaksin kedua," ujarnya.

BACA JUGA : Vaksinasi Menyenangkan dengan Vaksin Wisata

Adapun total sasaran vaksin bagi WBP di Rutan Jogja adalah sebanyak 221 orang. Sementara yang telah divaksin dosis pertama yakni sebanyak 215 WBP.

Sementara, Kepala Lapas Kelas IIA Wirogunan, Arimin menyebut, belum ada WBP yang divaksin di Lapas tersebut. Pihaknya pun sudah mengusulkan kepada Pemda DIY agar proses vaksinasi kepada WBP segera dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Akan Deklarasikan Bali sebagai Pulau Lengkap

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement