Aksi Kemanusiaan Baguna PDIP DIY Terjunkan Sukarelawan Kubur Cepat

Tim sukarelawan dari Baguna PDIP DIY membantu pemakaman dengan protokol Covid/19/Ist
03 Agustus 2021 21:07 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan DIY kembali melaksanakan aksi kemanusiaan dengan menurunkan Relawan Kubur Cepat seiring dengan meningkatnya permintaan pemakaman dengan prosedur sesuai Protokol Kesehatan bagi pasien terpapar covid-19 yang meninggal dunia.

Aksi kemanusiaan ini sebagai wujud spirit gotong-royong kader PDI Perjuangan dalam menghadapi situasi pandemi covid-19 yang membutuhkan banyak uluran tenaga seluruh elemen masyarakat bersama-sama dengan Satgas Penanggulangan Covid-19 yang dibentuk Pemerintah.

“kami menyadari bahwa masyarakat juga harus terlibat membantu pemerintah dalam menangani musibah pandemi covid-19 ini, sehingga relawan-relawan Baguna kita turunkan untuk membantu pemerintah terutama dalam menangani pasien terkonfirmasi yang meninggal dunia. Aksi ini sebagai bentuk gotong-royong kader PDI Perjuangan sebagai bagian dari warga masyarakat dengan memberikan sumbangsih semampu kita kepada masyarakat yang sedang ditimpa musibah” ujar dokter Retno Handayani, Kepala Baguna PDI Perjuangan DIY.

BACA JUGA: Perpanjangan PPKM Level 4, Penyekatan di DIY Diperlonggar

Relawan Kubur Cepat Baguna PDI Perjuangan DIY terdiri dari 2 tim yang masing-masing beranggotakan 8 personil dengan dilengkapi 2 unit ambulan, alat pelindung diri dan perlengkapan lainnya. Selain itu relawan ini juga membantu evakuasi pasien terkonfirmasi dan pemulasaraan jenazah terkonfirmasi dengan mengikuti protokol pencegahan penularan Covid-19 yang ada. Puluhan pasien telah dievakuasi ke rumah sakit, puluhan jenazah terkonfirmasi telah dibantu pemulasaraannya dan juga pemakamannya oleh tim relawan Baguna PDI Perjuangan DIY.

Tim Relawan stanby 24 jam di kantor DPD PDI Perjuangan DIY dan mulai bergerak jika ada permintaan dari masyarakat yang membutuhkan. Bantuan Relawan kubur cepat ini, bisa dihubungi di nomer 081228091383(Nanang) atau 0818641256(Seto) dan tidak dipungut biaya apapun (gratis).

Relawan Kubur Cepat Baguna PDI Perjuangan DIY selalu berkoordinasi dengan BPBD Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam melaksanakan tugas kemanusiaan terutama pada proses pendataan dan dekontaminasi personil dan perlengkapan paska pemakaman jenzah terkonfirmasi.

Namun demikian, kami mengharapkan pandemi covid-19 ini segera dapat teratasi dan tidak ada lagi kasus meninggal dunia yang harus dimakamkan dengan protokol kesehatan.

Oleh karena itu, kami terus mendorong kepada seluruh warga masyarakat untuk tertib dalam melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dalam aktifitas sehari-hari dengan selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan menerapkan pola hidup sehat sehingga dapat memotong rantai penularan covid-19, pungkas dr. Retno Handayani.