Advertisement

Perpanjangan PPKM Level 4, Penyekatan di DIY Diperlonggar

Ujang Hasanudin
Selasa, 03 Agustus 2021 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Perpanjangan PPKM Level 4, Penyekatan di DIY Diperlonggar Lalu lintas kendaraan di Bantul pada Minggu (11/7/2021) dalam masa PPKM Darurat yang cenderung lengang. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pemda DIY memastikan tidak ada perbedaan aturan dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 9 Agustus mendatang dengan PPKM Level 4 sebelumnya atau 26 Juli-2 Agustus lalu.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengaaku sudah mempelajari Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3, dan Level 2 dalam Penanganan Covid-19, “Tampaknya perpanjangan PPKM Level 4 tidak berbeda dibanding kemarin, waktu PPKM Level  4 kemarin, saya kira kita tinggal melanjutkan saja dari yang kemarin,” kata Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Selasa (3/8/2021).

Advertisement

Menurut Baskara Aji, sebenarnya ada tiga level PPKM yang diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri, yakni Level 4, 3, dan Level 2. Namun untuk DIY semuanya diberlakukan Level 4  

“Tapi kami kebetulan hattrick juara bertahan, karena di DIY ini disamakan semua, karena menurut itu, seluruh aglomerasi yang sekitarnya itu level 4, maka semuanya lebih baik disamakan jadi level 4, tapi setelah saya pelajari level 3 dan 4 perlakuannya sama,” ujar Baskara Aji.

Dia mencontohkan untuk makan di warung makan tetap dibatasi maksimal 20 menit dan yang makan di tempat maksimal tiga orang. Mal dan pusat perbelanjaan masih tutup. Demikian toko-toko yang menjual kebutuhan non esensial juga masih dibatasi.

Namun beberapa ruas jalan yang disekat selama PPKM Level 4 yang lalu, kini sudah mulai diperlonggar. Dari pantauan lapangan misalnya, di simpang 4 Druwo, Jalan Parangtritis sisi utara yang tadinya ditutup kini sudah dibuka. Demikian simpang empat Wojo di Jalan Imogiri Barat bagian utara juga sudah dibuka. Sementara bagian selatan di kedua simpang empat tersebut masih ditutup.

Jalur masuk kawasan Malioboro dari Jalan Abu Bakar Ali mulai dibuka sebagian. Sementara di Jalan Mangkubumi masih ditutup. Baskara Aji mengatakan penyekatan jalan sebenarnya tidak diatur dalam PPKM Level 4. Menurut dia, penyekatan bagian dari teknis yang dilakukan Pemda DIY untuk mengurangi mobilitas. Meski penyekatan di bebrapa ruas jalan dibuka sementara akan ditutup kembali jika mobilitas masyarakat kembali naik.

“Kalau kita lihat ada pergerakan yang cukup padat lagi, maka penyekatan akan sanggat mungkin untuk dilakukan. Malioboro masih separuh,” ujar Baskara Aji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement