Vaksin Moderna Segera Tiba di Bantul

Ilustrasi. - Reuters
03 Agustus 2021 02:37 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Sejumlah alternatif dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul terkait dengan kedatangan vaksin Moderna dalam waktu dekat. Salah satunya adalah menyiapkan rantai beku (cold chain) untuk penyimpanan vaksin tersebut.

“Memang butuh cold chain khusus dan harus disimpan di suhu minus 20 derajat. Tapi, kami siapkan alternatifnya, yakni menggunakan cold chain yang ada yang memiliki suhu antara 2 sampai 8 derajat. Otomatis, nantinya vaksin yang sudah datang dalam waktu sebulan harus sudah habis,” kata Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharja, di temui di ruang kerjanya, Senin (2/7/2021).

Menurut Agus, saat ini pihaknya memang menunggu kedatangan vaksin Moderna yang akan difungsikan sebagai booster untuk 7.000 nakes di Bantul. Sebab, para nakes ini sangat rentan terpapar Covid-19 dan butuh segera diberikan vaksin Moderna. “Jadi harus segera. Teman-teman juga saat ini sudah menunggu,” jelasnya.

BACA JUGA: Warga yang Sembuh dari Covid-19 Terus Bertambah, Tembus 20.000

Ditemui terpisah Kepala Seski Surveilans dan Imunisasi, Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit, Dinkes Bantul, Abednego Dani Nugroho mengatakan, kepastian jumlah vaksin Moderna yang akan diterima oleh Dinkes Bantul, baru dibahas, Senin (2/7/2021) siang.

“Kami sendiri mengusulkan sekitar 7.000 nakes yang sudah mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua,” jelas Abed.

Lebih lanjut Abed mengungkapkan, sampai 31 Juli ada 6.510 dosis vaksin Sinovac, yang didistribusikan di vaksin Dinas Pariwisata DIY sebanyak 1.620 dosis, dosis 1 di sentra vaksin bulan Agustus sebanyak 1.900 dosis dan dosis 2 di sentra vaksin bulan Agustus sebanyak 3.090 dosis.

“Dengan stok tersebut kami perkirakan aman sampai akhir bulan Agustus. Ada beberapa dosis vaksin ke dua juga akan kami digunakan untuk vaksinasi dosis pertama sembari menunggu kiriman vaksin,” lanjut Abed.

Menurut Abed, untuk mempercepat vaksinasi, pihaknya menambah sentra vaksinasi. Jika sebelumnya, sentra vaksinasi hanya ada di SMK Kesehatan, maka saat ini ditambah di kantor Dinkes Bantul, mulai Rabu (4/7/2021) mendatang.

“Jadi jika dulu kami bisa melakukan vaksinasi 4.500 orang per hari. Dengan tambahan sentra sebanyak 300 orang. Maka nanti kami akan memvaksin sebanyk 4.800 perhari,” jelas Abed.