Sukarelawan Golkar DIY Bantu Tukang Becak & PKL di Malioboro

Sukarelawan Partai Golkar saat menyerahkan paket bantuan kepada tukang becak di Depan Gedung Agung Yogyakarta, Kamis (5/8/2021). - Ist/dok
05 Agustus 2021 21:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA— Sejumlah sukarelawan Partai Golkar DIY menyalurkan paket bantuan kepada masyarakat kecil di kawasan Malioboro, seperti tukang becak hingga pedagang kaki lima (PKL), Kamis (5/8/2021). Partai berlambang beringin ini menyiapkan sekitar 3.000 paket yang disalurkan secara bertahap di sejumlah lokasi di Jogja.

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan oleh sejumlah kader Golkar DIY seperti Ketua AMPG DIY, Ihwan Setiawan dan Ketua KPPG DIY Ety Erawati. Para sukarelawan menyasar kawasan Malioboro menggunakan kendaraan roda empat yang sudah diisi dengan paket bantuan. Adapun paket tersebut kemudian diberikan kepada masyarakat, seperti PKL, tukang becak, kusir andong, tukang ojek dan masyarakat kecil lainnya yang membutuhkan.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar DIY Bidang Kaderisasi, John S Keban menjelaskan DPD Golkar DIY menyiapkan sekitar 3.000 paket bantuan yang diberikan secara bertahap. Adapun bentuk bantuan berupa makanan siap saji dan sembako serta fasilitas untuk mencegah penularan Covid-19 seperti masker.

Baca juga: IPL Tol Jogja-Bandara YIA Rampung Bulan Ini, Lahan Segera Dibebaskan

”Karena penanganan pandemi ini menjadi tanggungjawab bersama, maka Golkar hadir untuk meringankan masyarakat terdampak. Sesuai implementasi doktrin partai, bahwa Golkar harus selalu hadir memberikan bantuan masyarakat, Golkar tidak boleh lepas ketika masyarakat sedang menghadapi suatu masalah seperti pandemi,” katanya.

Keban menambahkan sasaran penerima bantuan tersebut adalah masyarakat kecil yang terdampak secara langsung, terutama saat pemberlakuan pengurangan mobilitas. Salah satunya kawasan Malioboro yang menjadi pusat perekonomian sempat tidak ada aktivitas karena harus dilakukan penutupan demi mencegah penularan Covid-19.

“Karena pandemi dengan terpaksa mobilitas harus dibatasi, mungkin abang becak sulit mendapatkan penumpang, begitu juga kusir andong, ini kami sasar untuk diberi bantuan,” ucapnya.

Baca juga: Tinjau Proyek Penanganan Banjir di Jakarta, Luhut Ditemani Anies

Selain itu, Golkar juga menaruh perhatian kepada tim pemulasaran jenazah Covid-19 di wilayah DIY yang juga akan diberikan bantuan. “Kami juga prioritas kepada sukarelawan pemakaman jenazah Covid-19, mereka bekerja dengan ikhlas membantu pemakaman, terutama di desa dan level kecamatan,” katanya.

Ketua AMPG DIY Ihwan Setiawan menambahkan penyaluran bantuan tersebut menyasar secara langsung terdampak Covid-19 terutama mereka yang tidak mendapatkan penghasilan karena harus mengurangi mobilitas. Adapun titik sasarannya, mulai dari Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo, Kawasan Benteng Vredeburg depan Gedung Agung, Titik Nol Kilometer hingga kawasan Parkir Taman Pintar.

“Proses pemberian bantuan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.