Advertisement

IPL Tol Jogja-Bandara YIA Rampung Bulan Ini, Lahan Segera Dibebaskan

Ujang Hasanudin
Kamis, 05 Agustus 2021 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
IPL Tol Jogja-Bandara YIA Rampung Bulan Ini, Lahan Segera Dibebaskan Ilustrasi - Antara/Asprilla Dwi Adha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemda DIY memastikan dokumen penentuan izin penetapan lokasi (IPL) Tol Jogja-Bandara atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo sudah beres tetapi masih ada sedikit revisi. Pemda DIY menargetkan IPL bisa diterbitkan dalam bulan ini.

“Mudah-mudahan selesai bulan ini,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, di Kompleks Kepatihan, Kamis (5/8/2021).

Advertisement

BACA JUGA: Mengaku Salah soal Sumbangan Rp2 Triliun, Kapolda Sumsel Akhirnya Minta Maaf

Baskara Aji mengatakan sudah tidak ada persoalan dalam proyek Tol Jogja-YIA, termasuk jalur di Mlangi yang sempat ada hambatan tetapi sudah diselesaikan.

Dia berharap IPL segera terbit sehingga pembebasan lahan untuk tol segera dilaksanakan. Pengerjaan proyok tol seksi III sepanjang 30,77 kilometer tersebut ditarget pada 2022. Sementara operasionalnya ditarget pada 2024 mendatang.

Sebelumnya, proyek Tol Jogja-YIA sempat terhambat di Mlangi, Gamping, Sleman, bahkan sudah mengalami empat kali perubahan karena ada penolakan warga setempat kemudian mengusulkan untuk memindahkan jalur.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Satker Pelaksana  Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Dian Hardiyansyah mengakui dokumen IPL jalan tol Jogja-YIA masih dalam tahap revisi.

Revisi tersebut terdapat dalam ROW atau pelebaran jalan. “Nanti lebarnya kanan kiri ada pelebaran mau tidak mau dokumen IPL juga berubah. Kalau revisi selesai ROW selesai sudah disetujui, baru diajukan kembali,” kata Dian.

Rencananya lebar jalan tol untuk sisi kanan dan kiri seluas 9,5 meter.

Dia mengklaim sudah tidak ada persoalan, termasuk di Mlangi Gamping, Sleman sudah sudah selesai. Hanya bergeser sedikit ke arah barat dari pemukiman.

Dia berharap sudah tidak ada lagi perubahan sehingga dokumen IPL segera bisa diajukan dan pembebasan lahan sudah bisa dimulai awal tahun depan. Sementara untuk pengerjaan konstruksinya diharapkan sudah bisa dimulai pada pertengahan 2022 mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement