Stok Vaksin di Kota Jogja Tinggal Tersisa untuk Enam Hari

Vaksinasi massal di Pasar Beringharjo, Senin (1/3/2021)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi
06 Agustus 2021 14:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Stok vaksin Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja tersisa 24.000 dosis. Menurut Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, stok ini cukup untuk melaksanakan vaksinasi di Jogja selama enam hari. Perhitungan ini berdasarkan vaksinasi di Jogja yang rata-rata per hari bisa menyuntikkan 6.000 dosis. Perhitungan jumlah dosis vaksinasi perhari berasal dari dosis pertama dan kedua.

Saat ini vaksinasi di Kota Jogja berlangsung secara reguler di 18 puskesmas, 13 rumah sakit, dan dua klinik. “Terus kami tambah dengan vaksinasi massal seminggu lima kali, kami tambah vaksinasi di sekolah-sekolah seminggu tiga atau empat kali. Itu bisa mencapai per minggunya 20.000 sampai 25.000 dosis bisa tercapai,” kata Heroe di Kompleks Balai Kota Jogja, Jumat (6/8/2021).

Adapun stok vaksin Pemkot Jogja terdiri dari dua jenis vaksin yaitu Sinovac dan AstraZeneca. Dengan menipisnya stok vaksin ini, Pemkot Jogja berharap ada penambahan pasokan. Terlebih yang vaksin di Kota Jogja berasal dari seluruh kabupaten DIY. Dari 330.000 warga yang mendapat vaksin dari Pemkot Jogja, sebanyak 59 persennya merupakan warga luar Jogja yang beraktivitas di Jogja. Sementara untuk warga Jogja, dari target 352.000 orang, sudah tervaksin sebanyak 41 persen.

BACA JUGA: Dinar Candy Keluar dari Kantor Polisi, Kondisinya Malah Makin Stress

Saat ini Pemkot Jogja fokus pada vaksinasi dosis kedua. Sesuai arahan dari pusat, jangan sampai vaksinasi dosis kedua terlambat. “Harapan kami memang secepatnya nanti [ada tambahan stok]. Kami sudah komunikasi dan InsyAllah sudah segera dikirimkan jumlah vaksin yang kami inginkan. Agar kecepatan vaksinasi di Kota Jogja bisa cepat selesai,” kata Heroe yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19.