Polda DIY Salurkan Bantuan Oksigen dari Perusahaan Sawit untuk Kulonprogo

Foto ilustrasi. - ANTARA FOTO/Rahmad
09 Agustus 2021 19:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Polda DIY mendistribusikan sebanyak 100 tabung oksigen dari hasil corporate social responsibility (CSR) PT Wilmar Nabati Indonesia kepada selter isolasi terpusat dan masyarakat di kabupaten Kulonprogo. Harapannya, kebutuhan oksigen di kabupaten Kulonprogo mampu terpenuhi.

Wakapolda DIY Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengatakan pendistribusian oksigen dari perusahaan sawit yang merupakan salah satu mitra Polri tersebut bukan tanpa alasan. Oksigen saat ini menjadi kebutuhan banyak orang, khususnya di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda ini.

"Polda DIY mendapatkan CSR dari mitra Polri yakni PT Wilmar Nabati Indonesia untuk memberikan bantuan oksigen cair. Oksigen tersebut diperuntukkan bagi selter maupun masyarakat yang membutuhkan oksigen," kata Raden Slamet pada Senin (9/8/2021).

Berdasarkan pantauan yang dilakukan jajarannya, tidak sedikit warga di DIY dan Kulonprogo pada khususnya mempunyai tabung oksigen sebagai alat pembantu pernafasan. Namun, mereka kesusahan saat berupaya untuk melakukan pengisian ulang oksigen.

BACA JUGA: Epidemiolog Sebut PPKM Level 4 Masih Perlu Diperpanjang

"Dari hasil analisa kami, banyak masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dan mempunyai tabung yang ukuran satu atau sekitar dua kilogram, akan tetapi tidak bisa mengisinya karena stoknya dimana-mana habis," kata Raden Slamet.

Lebih lanjut, berdasarkan catatan Polda DIY, total oksigen yang didistribusikan dari mitranya yakni PT Wilmar Nabati Indonesia mencapai 12 ton oksigen. Kabupaten Kulonprogo mendapatkan jatah satu ton oksigen.

"Untuk oksigen, kita salurkan ke rumah sakit dan shelter dan tentunya kepada masyarakat yang membutuhkan ya. Kapasitas per tabung mencapai enam kubik. Polda DIY juga mendistribusikan 100 paket sembako dan 3.000 masker medis kepada masyarakat," kata Raden Slamet.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan jika bantuan oksigen yang diberikan oleh salah satu mitra Polda DIY tersebut yakni PT Wilmar Nabati Indonesia nantinya akan diperuntukkan kepada warga yang membutuhkan oksigen.

Terlebih, warga yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah angkanya juga sampai saat ini tidak sedikit. Berdasarkan catatan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, warga yang melakukan isolasi mandiri per Minggu (8/8/2021) sebanyak 2.862.

"Bantuan oksigen ini nantinya akan kami gunakan untuk mempercepat penanganan kasus positif Covid-19 di kabupaten Kulonprogo. Nantinya, oksigen akan disalurkan ke sejumlah RS, Selter, namun yang utama adalah warga yang melakukan isolasi mandiri," kata Fajar.