Advertisement

Ini 3 Tahapan Pengujian KA Bandara YIA Sebelum Beroperasi

Rahmi Yati
Jum'at, 13 Agustus 2021 - 16:47 WIB
Budi Cahyana
Ini 3 Tahapan Pengujian KA Bandara YIA Sebelum Beroperasi Penumpang berada di dalam Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Tugu - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri mengatakan ada tiga tahapan pengujian sebelum resmi mengoperasikan KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). 

Tahapan pertama adalah commissioning yang rencananya dimulai pada 17-31 Agustus 2021. Tahap ini dilakukan dengan skema Perjalanan Luar Biasa (PLB) KRDE tanpa penumpang atau penumpang tertentu untuk keperluan teknis. 

Advertisement

"Tujuan tahap ini adalah untuk setting parameter, integrasi sistem memastikan kesiapan prasarana dan sarana yang digunakan," jelasnya dalam siaran pers dikutip Jumat (13/8/2021).

Kemudian tahap kedua, dia mengaku akan melakukan Trial and Run dengan melakukan PLB KRDE dengan penumpang terbatas atau undangan. Jadwal pengoperasian KA pada tahap ini telah disesuaikan dengan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta. 

Adapun, lanjutnya, tujuan dari tahapan ini adalah untuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait pola operasi seperti jam keberangkatan, stasiun pemberhentian, ticketing system, dan pelayanan lainnya serta persiapan akhir menuju waktu pengoperasian secara komersial KA Bandara YIA.

"Terakhir adalah tahap Operasional Komersial/Pelayanan, yaitu KA Bandara ini beroperasi melayani masyarakat dengan berbayar," ujarnya.

Nantinya, sambung Zulfikri, untuk tahap awal akan terdapat 30 perjalanan KA per hari dengan waktu perjalanan 39 menit. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI selaku operator kereta api akan menyiapkan 4 trainset dengan sistem untuk operasi, perawatan dan cadangan.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa KA Bandara ini akan berhenti di tiga stasiun pelayanan yaitu Stasiun Tugu Yogya, Stasiun Wates dan Stasiun KA Bandara YIA dengan head way rata rata 60 menit.

"Apabila kondisi penerbangan sudah normal maka frekuensi akan ditingkatkan bertahap sampai 56 perjalanan dengan headway rata rata 30 menit," imbuhnya.

Kendati begitu, dia menegaskan sebelum memasuki 3 tahapan tersebut, pengujian KA Bandara YIA akan dilakukan secara simultan baik dari sisi prasarana dan sarana. Semua proses pengujian dilakukan dengan ketat.

Dia memerinc  rangkaian pengujian yang dilakukan adalah pengujian prasarana yang meliputi kelaikan prasarana sipil dan track, sinyal dan telekomunikasi, training operation, dan pendinasan persinyalan. Selain itu, ada pengujian beban statis dan dinamis jembatan, serta pengujian track dengan kereta ukur/akselerometer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement