Katgama Gelar Vaksinasi dengan Sasaran 5.200 Dosis

KATGAMA menggelar vaksinasi massal di Cafe Silol, Jogja, Sabtu (14/8/2021). - Harian Jogja/Sirojul Khafid
15 Agustus 2021 12:47 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Keluarga Alumni Teknik Universitas Gadjah Mada (KATGAMA) menggelar vaksinasi dengan sasaran 5.200 dosis. Menurut Penanggung Jawab Aksi KATGAMA Peduli dan Berbagi untuk Negeri Wilayah Jogja, Adi Santoso, sasaran vaksinasi merupakan masyarakat umum. Kegiatan ini akan berlangsung sampai 19 Agustus 2021 dengan juga menyasar ibu hamil dan menyusui.

Vaksinasi berlangsung di beberapa tempat, termasuk Cafe Silol, Jogja. Dengan sasaran perhari 900 dosis, mayoritas warga datang bersama keluarga. “Selain masyarakat umum, ada kelompok-kelompok kecil dari keluarga KATGAMA mandiri. Kami mengedepankan klaster keluarga yang saat ini menjadi isu nasional,” kata Adi saat ditemui di sela-sela acara vaksinasi di Cafe Silol, Sabtu (14/8/2021).

Adi berharap upaya ini bisa mempercepat terbentuknya kekebalan komunal, terutama di wilayah Jogja. Selain vaksinasi, KATGAMA juga sebelumnya membantu penanganan Covid-19 melalui penyaluran oksigen ke Rumah Sakit Umum Pusat dr. Sardjito. Sejauh ini sudah ada 40 ton sumbangan yang mereka berikan.

Baca juga: Jasa Cetak Kartu Vaksin di E-Commerce Marak, Kemendag Turun Tangan

“Pada tahun 2021, Aksi KATGAMA Peduli dan Berbagi untuk Negeri dimulai sejak RSUP dr. Sardjito mengalami krisis oksigen. Kami merespon dengan mengirim oksigen. Adapula sumbangan peti mati dan kain kafan sebanyak 250 unit. Di samping itu juga memberikan bantuan makanan untuk memperkuat ketahanan tenaga kesehatan,” kata Adi.

Vaksinasi ini bekerja sama dengan Kepolisian Daerah DIY. Menurut Kapolda DIY, Irjen Pol Asep Suhendar, saat ini masyarakat perlu gotong royong dalam menciptakan kekebalan komunal. Sejauh ini, sudah 46 persen warga DIY mendapat vaksin dosis pertama. Sementara untuk dosis kedua sebanyak 17 persen.

Baca juga: Kini Sudah Longgar, RS Covid-19 di Jakarta Sempat Kolaps karena Hantaman Corona Gelombang Dua

"Tentunya ini sesuai target pemerintah yang mana kami diharapkan di DIY bisa memenuhi target 75 persen di bulan ini (Agustus), sehingga kami dapat mempercepat timbulnya herd immunity," katanya.

Polda DIY telah bekerja sama dengan beberapa fakultas kedokteran ataupun farmasi dari universitas yang ada di DIY serta TNI dan instansi lainnya dalam vaksinasi Covid-19.