Terban Kelurahan Terbaik Pertama Se-DIY

Dari kanan ke kiri, Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti dan Lurah Terban, Narotama seusai menerima penghargaan desa dan kelurahan terbaik Se-DIY, Jumat (13/8/2021). - Ist/ Dok Pemkot Jogja
15 Agustus 2021 13:07 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Kelurahan Terban, Kemantren Gondokusuman, Kota Jogja meraih peringkat terbaik pertama dalam lomba desa dan kelurahan tingkat DIY. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Pakualam XI di Kompleks Kepatihan, Jumat (13/8/2021).

Menurut Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti, Terban memiliki sederet inovasi, baik yang kemudian memudahkan dalam pelayanan umum maupun penanggulangan Covid-19 di wilayahnya. Salah satu inovasi ini yaitu Lemah Teles Terban Tanggap Covid-19, program khusus untuk memutus penyebaran Covid-19.

“Kegiatannya adalah memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penularan Covid-19, rutin melakukan penyemprotan desinfektan, dan penyaluran bantuan bagi warga yang menjalani isolasi mandiri,” kata Haryadi, Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Segala Kegiatan Dalam Rangka HUT ke-76 RI di Bantul Ditiadakan

Adapula Simbok Peduli atau pemberian makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil. Dari aspek pendidikan anak, Terban berinovasi dengan program Terban Cerdas. Program ini merupakan pendampingan belajar untuk anak-anak.

“Kegiatan ini adalah sebuah bentuk respon dalam menghadapi pandemi Covid-19 di sektor pendidikan. Pandemi ini jangan sampai mengendurkan semangat relawan untuk mendidik. Pasalnya, di situasi seperti inilah peran para relawan di komunitas-komunitas sangat dibutuhkan anak-anak,” kata Haryadi.

Baca juga: Film 'Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas' Menang di Locarno International Film Festival 2021

Selain program di atas, masih ada beberapa program inovasi yang ada di Terban. Menurut Lurah Terban, Narotama, kerja-kerja selama masa pandemi Covid-19 difokuskan pada penerapan E-Government. Hal ini dalam mendukung pelaksanaan tugas sehari-hari termasuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Tak sampai di situ, di Kelurahan Terban juga fokus pada pemberdayaan potensi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam upaya pengentasan kemiskinan dan inovasi pelayanan publik," katanya.

Kelurahan Terban memiliki banyak potensi ekonomi. Secara garis besar terbagi dalam empat klaster mulai dari budaya, kuliner, air, sayur, dan lainnya.

Narotama mengatakan raihan prestasi ini bukan semata-semata milik perangkat kelurahan, namun apresiasi kepada seluruh warga Terban. “Semoga prestasi ini dapat mendorong warga untuk tetap menjaga semangat dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini,” katanya.