Advertisement

Jelang HUT RI ke 76, PDIP Kota Jogja Dirikan 5 Dapur Umum Bantu Warga Isoman

Media Digital
Rabu, 18 Agustus 2021 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jelang HUT RI ke 76, PDIP Kota Jogja Dirikan 5 Dapur Umum Bantu Warga Isoman Posko dapur umum DPC PDIP Kota Jogja. - Ist/PDIP

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Kota Jogja beserta Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Jogja mulai Minggu (15/8/2021) serentak membuka posko dapur umum untuk membantu warga yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman) menyusul pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih tinggi kasusnya.

Peluncuran posko dapur umum DPC PDIP Kota Jogja ini dipusatkan di lima kawasan berdasarkan titik dapil yang ada dan dikoordinir langsung para wakil rakyat dari fraksi PDIP Kota Jogja untuk penerjunan para relawannya di tiap kecamatan.

Advertisement

"Posko dapur umum ini sebagai bentuk solidaritas bersama akibat pandemi Covid-19 agar kita mampu untuk saling tolong menolong dan saling bergotong-royong membantu terutama masyarakat yang isolasi mandiri (isoman)," kata Ketua DPC PDIP Kota Jogja Eko Suwanto saat peluncuran dapur umum di Keparakan Lor Kota Jogja Minggu (15/8/2021), dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (18/8/2021).

Eko Suwanto yang juga Ketua Komisi A DPRD DIY itu mengatakan posko dapur umum yang menjadi inisiatif Fraksi DPC PDIP Kota Jogja itu juga untuk membantu para tenaga kesehatan yang ada di klinik kesehatan di tingkat kecamatan.

"Tata cara penyampaian bantuan lewat dapur umum ini berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 tiap wilayah agar sesuai dengan protokol kesehatan. Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa mentaati protokol kesehatan," kata Eko Suwanto.

Eko Suwanto juga mendesak pada pemerintah melakukan 5 hal yang perlu jadi perhatian pemerintah daerah.

Yang pertama adalah kerja keras untuk penanganan pandemi agar penularan kasus menurun, yang kedua kerja keras untuk pemulihan menbangkitkan ekonomi akibat banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan penghasilan menurun, yang ketiga mengalokasikan bantuan sosial bagi masyarakat yang terdampak, yang keempat melindungi dan memperhatikan anak-anak dari paparan Covid-19, dan yang kelima melakukan percepatan vaksinasi baik untuk usia di atas 17 tahun yang baru 18.7% kemudian juga vaksinasi anak-anak yang baru 2,92%.

Anggota DPRD Kota Jogja Antonius Suhartono didampingi anggota DPRD Kota Jogja Subagyo dan Yustinus Keliek Mulyono menyampaikan posko dapur umum di Dapil 1 itu untuk mengcover para warga isoman di Kecamatan Mantrijeron, Keraton, dan juga Mergangsan yang selama ini membutuhkan bantuan konsumsi karena tak bisa beraktivitas.

"Jadi kami bertiga saya (Antonius Suhartono) bersama anggota DPRD Kota Yogya lain dari Fraksi PDIP Kota Yogya yakni Pak Subagyo dan Pak Yustinus Keliek Mulyono yang akan gotong royong bersama relawan di tiap PAC membantu konsumsi warga isoman ini," kata Anton

Di waktu yang sama, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Jogja GM Deddy Jati Setiawan didampingi anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Ipung Purwandari, SH dan anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta Suryani juga meluncurkan dapur umum PDIP Kota Yogyakarta di kawasan Dagen Gedong Tengen.

"Peluncuran posko dapur umum ini juga berbarengan dengan semangat peringatan kemerdekaan Indonesia ke 76 yang akan dilakukan dari tanggal 15-17 Agustus 2021," kata Deddy Jati.

Dalam posko dapur umum, kata Deddy, para relawan PDIP Kota Jogja akan bergerak memberikan bantuan permakanan warga isoman Covid-19.

"Ini wujud kehadiran kami dari PDIP Kota Yogyakarta karena kadang di lapangan masih banyak warga belum mendapat bantuan karena belum melaporkan kondisinya jika menjalani isoman. Jadi kami tergerak membantu mereka agar segera pulih dan beraktivitas kembali," kata Deddy yang juga anggota DPRD Kota Jogja itu.

Anggota Komisi B DPRD Kota Jogja Ipung Purwandari mengatakan pembagian teknis bantuan permakanan ini berdasar data yang dihimpun di tiap pengurus anak cabang (PAC).

"Dari PAC sudah mendapatkan data by name siapa warga di lingkungan yang menjalani isoman dan belum mendapat bantuan. Ini juga agar PAC mengetahui kondisi wilayah masing masing," tegasnya. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement