Tak Gelap Lagi, Lampu Jalan di Jogja Mulai Dinyakalan

Foto ilustrasi penerangan jalan/Antara - Mohamad Hamzah
18 Agustus 2021 18:17 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kota Jogja mulai menyalakan beberapa lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah ruas jalan. Penyalaan lampu PJU itu seiring dengan dilonggarkannya beberapa sektor di masa perpanjangan PPKM ini.

Kepala DPUPKP Kota Jogja, Hari Setyawacana mengatakan, lampu PJU yang dinyalakan itu berada di sejumlah ruas jalan yang tidak berpotensi menimbulkan kerumunan. Area-area yang aktivitas masyarakatnya cenderung tidak terlalu tinggi menjadi prioritas dalam penyalaan lampu PJU itu.

"Tapi pada sebagian area atau jalan yang berpotensi menimbulkan kerumunan akan tetap dipadamkan," ujarnya, Rabu (18/8/2021).

Jalan Malioboro disebut dia termasuk kawasan yang lampu PJU nya tetap akan dimatikan. Selain itu jalan Diponegoro juga akan dipadamkan selama perpanjangan PPKM Level 4 ini.

BACA JUGA: KPU Tegaskan Pemilu Serentak Tetap 2024

"Yang dinyalakan baru PJU yang ada di Jalan Kusumanegara, lalu jalan di wilayah Gedongkuning akan mulai dinyalakan kembali," katanya.

Di sisi lain, penyalaan lampu PJU itu ke depannya juga akan tetap dievaluasi. Jika menimbulkan keramaian dan aktivitas masyarakat yang berpotensi menimbulkan penyebaran Covid-19 serta meningkatkan mobilitas pengendara, bukan tidak mungkin pemadaman kembali diberlakukan.

"Tetap sambil kami evaluasi nanti hasil pemadamannya. Jika malah menimbulkan kerumunan dan meningkatkan mobilitas pengendara nanti akan kami ambil kebijakan yang sama," ujar dia.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jogja, Agus Arif Nugroho menyebut, di masa perpanjangan PPKM ini tingkat mobilitas pengendara masih berada di angka 30 persen.

"Kisarannya ya sekitar 30 persen saat ini. Jadi langkah ini juga menekan masyarakat agar tidak perlu banyak keluar untuk mengurangi penyebaran Covid-19," kata dia.

Pintu-pintu masuk Kota Jogja, kata Agus juga masih ditutup, meski terdapat satu penyekatan yang telah dibuka. Harapannya dengan kebijakan ini perpanjangan PPKM level 4 mampu menekan laju penyebaran Covid-19 di wilayah setempat.