Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Dampingi Siswa Manfaatkan Pekarangan

Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta menujukkan tanaman sayuran dengan metode hidroponik. - Istimewa
20 Agustus 2021 20:12 WIB Yudhi Kusdiyanto Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Di masa pandemi Covid-19, sektor pertanian khususnya hortikultura tetap eksis dan berpotensi untuk terus dikembangkan. Permintaan buah dan sayur-sayuran terus naik seiring meningkatnya upaya warga untuk mendongkrak imun tubuh demi mencegah paparan Corona.

Saat ini pengembangan pertanian modern semakin diminati, salah satunya dengan metode hidroponik. Metode ini dinilai dapat meningkatkan konsumsi sayuran di masing-masing rumah tangga. Untuk membantu pengembangan, Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta dari Fakultas Pertanian mendampingi siswa di MA Madania Bantul dalam budi daya pertanian hidroponik. Pendampingan digelar Juni 2021. Dengan adanya pendampingan keterampilan ini diharapkan lulusan MA Madania Bantul mampu berwirausaha di sektor pertanian.

Tim Pengabdian Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta yang terdiri dari Heti Herastuti, Tuti Setyaningrum, dan Ali Hasyim Al Rosyid mengadakan pendampingan dalam bentuk pembelajaran ekstra kurikuler. Pembelajaran dilakukan melalui teori dan praktik di lapangan. “Materi yang kami ajarkan yakni pemanfaatan pekarangan dengan metode hidroponik salah satunya hidroponik sayuran, pembuatan sistem hidroponik, dan cara meramu pupuk hidroponik,” kata Heti Herastuti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (20/8/2021).

Menurut Heti, sejumlah peralatan yang digunakan untuk praktik hidroponik merupakan bantuan dari UPN Veteran Yogyakarta. “Untuk sayuran hidroponik yang ditanam yakni kangkung, bayam, selada dan lainnya. Metode yang digunakan dalam praktik yakni NFT, DFT, dan rakit apung,” katanya.