ODGJ di Bantul Mulai Divaksin Pakai Sinopharm

Vaksinasi terhadap kalangan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). - Ist
21 Agustus 2021 13:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul terus memberikan vaksinasi terhadap kelompok prioritas. Setelah menggelar vaksinasi Covid-19 terhadap penyandang disabilitas, Pemkab Bantul, mulai menyuntikkan vaksin  Covid-19 kepada kelompok Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Puskesmas Bambanglipuro, Sabtu (21/8/2021).

Kepala Puskesmas Bambanglipuro Tarsisius Glory mengatakan, sama dengan warga disabilitas, kelompok ODGJ mendapatkan suntikan vaksin Sinopharm. Adapun vaksinasi terhadap kelompok ODGJ yang digelar di Puskesmas Bambanglipuro, adalah kali pertama di Bantul.

"Setelah dari sini, nanti akan dilanjutkan di puskesmas lain, fasilitas pelayanan kesehatan lain, maupun sentra vaksinasi. Untuk di kapanewon kami, ada 50 ODGJ, dan hanya 30 yang akan kami vaksinasi," kata Glory, Sabtu (21/8/2021).

Menurut Glory, tidak semua ODGJ masuk dalam kategori bisa mendapatkan vaksinasi Covid-19. Mereka yang bisa disuntik vaksin Sinopharm harus dalam keadaan sehat. Selain itu, mereka juga harus lolos screening dan pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas.

Baca juga: Pakar Imunisasi Ingatkan Masyarakat Tak Pilih-pilih Merek Vaksin

"Sedangkan untuk mereka yang belum bisa menjalani vaksinasi di tempat kami, nanti petugas kami akan mendatangi kediaman mereka untuk memvaksin mereka," ucap Glory.

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Bambanglipuro, Glory menyatakan tidak ada kendala. Bahkan, ia mengungkapkan jika antusiasme kelompok ODGJ cukup tinggi. Ini dibuktikan dengan telah ada 15 ODGJ yang divaksin selama sejam.

"Artinya animo warga memang tinggi," jelasnya.