74 Penghuni Ponpes Bumi Cendekia yang Positif Covid Ditampung di Rusun UGM

Ilustrasi - Antara
27 Agustus 2021 16:07 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 62 siswa serta 12 pembina dari SMP dan Pesantren Bumi Cendekia yang terkonfirmasi positif Covid-19 ditampung di Rumah Susun Asrama Pusat Inovasi Agroteknologi (PIAT) UGM yang saat ini difungsikan sebagai selter penanganan Covid-19.

Kepala PIAT, Taryono, menjelaskan pasien mulai menempati fasilitas isolasi terpadu PIAT UGM, Selasa (24/8/2021), setelah dirujuk dari Puskesmas Mlati 2. “Kemarin ada 74 orang yang masuk untuk menghuni rusun, mereka adalah siswa dan juga beberapa pengelola pondok,” ujarnya, Jumat (27/8/2021).

BACA JUGA: Pemerintah Buka Peluang Vaksin Booster Berbayar Awal 2022, Ini Harganya

Rusun yang berlokasi di Kalurahan Kalitirto Kapanewon Berbah ini baru diresmikan pada bulan Juli lalu dan telah diserahkan kepada Satgas Covid-19 DIY untuk menampung pasien terkonfirmasi yang memerlukan fasilitas isolasi dengan pemantauan tenaga kesehatan dengan gejala ringan.

“Rusun PIAT memang sudah diserahkan oleh UGM ke Satgas Covid-19 DIY. Sejak diresmikan sudah ada beberapa pasien yang sempat menghuni, dan jika ada pasien yang mengalami perburukan akan langsung dirujuk ke rumah sakit,” katanya.

Selter ini memiliki 43 kamar dan mampu menampung hingga 76 penghuni. Ia menuturkan para pasien yang isolasi di selter ini mendapatkan fasilitas obat-obatan, peralatan mandi, serta makan tiga kali sehari. “Ada tenaga kesehatan yang selalu berjaga di selter. Penghuni juga masih melakukan aktivitas seperti olahraga atau senam bersama di area yang tersedia,” kata dia.

Tenaga medis yang bertugas di selter meliputi dokter, perawat, serta apoteker, yang ditempatkan oleh Satgas Covid-19 DIY. Dalam pengelolaan selter, PIAT UGM juga berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan penanggung jawab Kodim Gunungkidul sebagai pengelola.

BACA JUGA: Dinas Pariwisata Bantul Keberatan Penerapan Aplikasi Pedulilindungi

Pihaknya telah membuat sejumlah pengaturan area untuk mencegah penularan dari penghuni ke masyarakat atau sivitas UGM yang beraktivitas di kawasan PIAT. Jam kerja pegawai juga telah diatur untuk membatasi jumlah pegawai yang beraktivitas di kawasan PIAT di waktu yang sama.

Sebanyak 84 penghuni SMP dan Pesantren Bumi Cendekia yang berlokasi di Kalurahan Tlogoadi, Kapanewon Mlati, dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (23//20218).  Hal ini diketahui setelah adanya salah satu penghuni yang menunjukkan gejala dan diketahui positif Covid-19.