Advertisement

Hasil Rapat dengan Luhut: DIY Mendekati PPKM Level 3

Ujang Hasanudin
Rabu, 01 September 2021 - 19:37 WIB
Bhekti Suryani
Hasil Rapat dengan Luhut: DIY Mendekati PPKM Level 3 Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji-Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Pemda DIY menyebut berdasarkan hasil rapat dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, beberapa waktu lalu, bahwa DIY sudah ada kemajuan dan menuju pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 dalam pengendalian penyebaran virus Corona.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan Pemda DIY tidak ikut langsung dalam penilaian level PPKM. Menurut dia penentuan level PPKM murni dilakukan oleh Pemerintah Pusat sehingga pihaknya tidak mengetahui alasan DIY masih dalam level 4.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Tapi yang pasti level 4 kita menurut Pak Luhut [Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar pandjaitan] sebetulnya sudah mendekati ke level 3 karena sudah banyak kemajuan terutama ada penguruan yang cukup tajam berkaitan dengan kematian dan positif rata-rata. Lalu juga positivity rate kita cukup rendah,kemudian ada satu lagi BOR [Bed Occupancy Rate atau keterisian tempat tidur] rumah sakit. Kita ini BOR rumah sakit dan isoter kan sudah cukup bagus,” kata Baskara Aji, saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Rabu (1/9/2021).

Menurut Baskara Aji, pemberian level PPKM didasarkan beberapa hal, di antaranya kaitan positivity rate rendah, kasus aktif menurun, kesembuhan tinggi, dan kematian rendah. Angka-angka tersebut diakuinya menjadi dasar Pemerintah Pusat dalam menentukan level PPKM. Namun Pemda DIY sendiri tidak terlibat dalam penentuan level.

BACA JUGA: Kemenhub Tegaskan Syarat Perjalanan Transportasi Tidak Berubah Selama PPKM

Selain itu, penentuan level PPKM juga mengacu pada daerah aglomerasi di kabupaten dan kota di DIY dan daerah sekitar perbatasan dengan DIY di Jawa Tengah. “Aglomerasi ini juga termasuk dengan sekitar Jogja yang ada di Jateng, itu penentuannya. Tapi kita juga tidak diberi informasi ini masih level 4 karena apa, mestinya dari semua unsur itu,” ucap Baskara Aji.

Pihaknya tidak bisa memastikan kapan DIY akan turun level. Namun pihaknya akan fokus menurunkan angka kasus Covid-19 di DIY. Menurut dia, perlu kerjasama semua pihak dalam menekan penularan Covid-19 baik dari Pemda DIY, pemerintah kabupaten dan kota, intansi terkait, serta masyarakat.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Senin, 5 Desember 2022

News
| Senin, 05 Desember 2022, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement