Cegah Overkapasitas, 16 Narapidana Rutan II B Bantul Dipindah

Pemindahan narapidana dari Rumah Tahanan (Rutan) II B Bantul, Rabu (1/9/2021). - Harian Jogja/Jumali
01 September 2021 17:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Berbagai upaya dilakukan oleh Rumah Tahanan (Rutan) II B Bantul untuk mengatasi over kapasitas. Salah satunya memindahkan narapidana ke lembaga pemasyarakatan lainnya.

Kepala Rutan II B Bantul Enjat Lukmanul Hakim mengatakan kapasitas rutan yang dipimpinnya adalah 169 orang. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi overkapasitas, pihaknya memindahkan narapidana, Rabu (1/9/2021).

BACA JUGA: Lahan Tol Jogja-Solo Dibersihkan Lebih Cepat, Ini Alasannya

“Hari ini ada 16 narapidana yang kami pindah. Mereka terdiri dari sembilan warga binaan yang kami pindah ke Lapas Kelas IIA Yogyakarta, sedangkan tujuh narapidana lainnya kami pindah ke Lapas Narkotika Kelas IIA Yogyakarta," kata Enjat.

Menurut Enjat, pemindahan narapidana tersebut sudah sesuai dengan peraturan yang ada. Selain itu, narapidana juga menjalani swab antigen terlebih dahulu untuk memastikan narapidana bebas Covid-19.

"Termasuk petugas yang mendampingi para narapidana saat pemindahan. Ini dilakukan untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat serta tidak sedang terpapar covid-19," jelas Enjat.

Pemindahan dilaksanakan menggunakan kendaraan TransPAS Rutan Bantul dan voorijder Polsek Pajangan dengan pengawalan empat petugas Rutan Bantul dan dua petugas Polsek Pajangan.