Pelatihan Analisa Data Menggunakan Software Statistik di Puskesmas Depok 2

Pelatihan Analisa Data Menggunakan Software Statistik di Puskesmas Depok 2
01 September 2021 09:37 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Universitas 'Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta memberikan memberikan pelatihan, dan pendampingan kepada Puskesmas Depok 2 Kabupaten Sleman dalam melakukan analisa data-data yang dikumpulkan secara rutin di Puskesmas. Kegiatan ini merupakan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari prodi Kebidanan dan Gizi.

Staf puskesmas yang akan dilatih dalam Analisa data adalah yang biasanya bertugas dalam mengumpulkan dan memanajemen data rutin puskesmas. Pelatihan yang dilakukan adalah Analisa statistic sederhana dalam rangka mempercepat proses pelaporan rutin dan yang diperlukan dalam pengambilan kebijakan.

Selama ini pembuatan tabel ataupun grafik yang diperlukan untuk pembuatan pelaporan dan profil puskemas menggunakan software excel yang membutuhkan waktu agak lama guna memproduksi tabel dan grafik. Dengan menggunakan software statistic maka tabel dan grafik yang dibutuhkan akan bisa diproduksi dengan lebih cepat menggunakan program yang telah disiapkan sebelumnya. 

Pelaksanaan pelatihan serta pendampingan dilakukan secara berkesinambungan oleh dosen dan mahasiswa, yang bisa juga dimanfaatkan sebagai sarana kegiatan belajar mengajar, baik secara offline dengan mengikuti protokol kesehatan maupun online. UNISA akan memproduksi video tutorial analiasa data dan buku petunjuknya agar bisa dipergunakan sebagai sarana belajar oleh staff puskesmas.

"Kami berharap kegiatan ini memberikan manfaat besar bagi Puskesmas Depok 2 dalam rangka peningkatan kapasitas dan kualitas puskesmas, tim dosen, serta kedepannya kerjasama ini dapat terus dilanjutkan sehingga setiap perencanaan kegiatan di Puskemas bisa ditentukan berbasis bukti yang kuat dari hasil Analisa data yang ada,” ucap Kepala Puskesmas Depok 2, Sri Mujiyanto, SKM., MPH.

"Kami berencana kegiatan ini dapat kami lanjutkan dan diselenggarakan di Puskesmas lainnya di Kabupaten Sleman, sehingga data yang dikumpulkan secara berkesinambungan di puskesmas  akan memberikan kemanfaatan yang lebih besar lagi kepada masyarakat, termasuk kepada civitas akademika yang juga bisa menggunakan data-data di puskesmas sebagai bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya untuk penelitian baik mahasiswa maupun dosen,” kata Tim Pengabmas Agung Nugroho AMG., MPH dan Dewi Rokhanawati S.SiT., MPH.