70 Persen Pelajar di Kulonprogo Telah Disuntik Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

Vaksinasi pelajar SMP dan SMA Budi Utama, Sinduadi, Mlati, Sleman, Rabu (14/7/2021)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi
02 September 2021 05:07 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebanyak 70 persen pelajar di kabupaten Kulonprogo telah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo menilai capaian vaksinasi Covid-19 kepada kelompok pelajar di kabupaten Kulonprogo sudah cukup tinggi.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan vaksinasi Covid-19 sudah dilakukan oleh satuan pendidikan yang berada di masing-masing kapanewon.

"Puluhan sekolah yang tersebar di 12 Kapanewon yang ada di kabupaten Kulonprogo sudah melakukan upaya vaksinasi Covid-19 kepada muridnya. Angka kumulatif pelajar yang sudah vaksinasi Covid-19 dosis pertama sudah mencapai angka 70 persen," kata Baning pada Rabu (1/9/2021).

Berdasarkan catatan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, sekolah yang berada di Kapanewon Wates masih banyak yang belum melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada siswanya.

"Belum selesainya vaksinasi bagi siswa di kapanewon tersebut karena cukup banyaknya jumlah sekolah. Terlebih, penjadwalan nakes di wilayah kapanewon Wates juga sedikit mengalami kendala karena jadwal vaksinasi Covid-19 yang cukup padat," sambung Baning.

Baca juga: Jalur Wisata di DIY Kembali Diperketat, Ini Penyebabnya

Baning menyebutkan angka partisipasi pelajar dalam mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 di wilayah kabupaten Kulonprogo cukup baik. Jika diprosentase, angkanya mencapai 90 persen. Baning mendorong agar pelajar tidak takut untuk mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19.

"Kalau pelajar yang tidak datang dikarenakan sejumlah alasan dan kondisi tertentu. Alasan yang sering kami terima karena sakit. Pelajar yang belum divaksin Covid-19 nantinya akan kami minta didata agar tetap menerima vaksin Covid-19," ujar Baning.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kulonprogo Rina Nuryati mengungkapkan pelajar di jenjang SMP yang sudah menerima sebanyak 9.387 siswa dari target sasaran mencapai 16.736 siswa.

"Untuk data vaksinasi jenjang SMA sasarannya diketahui sebanyak 16.195 siswa, dari jumlah tersebut sebanyak 9.880 siswa telah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama. Kegiatan vaksinasi Covid-19 kepada pelajar juga kita lakukan dengan memperhatikan protokol Covid-19," kata Rina.