Pemkot Jogja Tingkatkan Kapasitas Vaksinasi Menjadi 10.000 Perhari

Vaksinasi massal di Pasar Beringharjo, Senin (1/3/2021)-Harian Jogja - Gigih M Hanafi
03 September 2021 19:27 WIB Sirojul Khafid Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja meningkatkan kapasitas vaksinasi. Dari yang sebelumnya bisa menyuntikkan 6.000 dosis perhari, kini meningkat menjadi 10.000 dosis perhari.

Kapasitas vaksinasi ini berasal dari vaksinasi regular di 18 puskesmas, 13 rumah sakit dan dua klinik. Selain itu, adapula tambahan dari empat sentra vaksinasi di XT-Square, PDAM Tirtamarta Jogja, BPD DIY, dan SMA Negeri 7 Jogja.

Sentra vaksinasi XT-Square melayani setiap hari. Sementara sentra PDAM Tirtamarta Jogja melayani Senin-Jumat. Sedangkan BPD DIY melayani tiap akhir pekan. “Di setiap sentra vaksinasi, ditargetkan 2.000 vaksinasi perhari. Sehingga diharapkan dalam sehari bisa melakukan vaksinasi hingga 10.000 dosis,” kata Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Jogja, Heroe Poerwadi, Kamis (2/9/2021).

Baca juga: Sertifikat Vaksin Jokowi Beredar di Media Sosial, Dirjen Dukcapil Sebut Ada Sanksi Pidana

Capaian vaksinasi secara regular meningkat 200-300 persen. Sebelumnya, satu puskesmas bisa melayani vaksinasi perhari sebanyak 50-60 orang perhari. Kini satu puskesmas bisa melayani 100-150 dosis perhari. “Rumah sakit juga diminta menaikkan kapasitas layanan vaksinasi. Vaksinasi massal juga banyak digelar. Harapannya bisa mempercepat target sasaran vaksinasi,” kata Heroe.

Sampai saat ini, capaian vaksinasi Kota Jogja lebih dari 430.000 pada dosis pertama. Sekitar 45 persen di antaranya merupakan warga ber-Nomor Induk Kependudukan (NIK) Jogja. Sisanya merupakan orang ber-NIK luar namun beraktivitas di Jogja. Dengan segala percepatan ini, Pemkot Jogja menargetkan seluruh warga Jogja yang memenuhi syarat selesai vaksin pada Oktober 2021.

Meski tercatat lebih sekitar 430.000 orang yang sudah tervaksin, namun Heroe memprediksi angkanya bisa lebih besar. Hal ini lantaran banyak warga yang mengikuti vaksinasi dari lembaga atau penyelenggara lain.

Kepala Dinas Kesehatan Jogja, Emma Rahmi Aryani menyatakan stok vaksin tergolong aman. Dalam waktu dekat juga ada tambahan vaksin yang datang. “Akan ada penambahan 50.000 dosis vaksin. Hanya menunggu [jadwalnya] saja,” kata Emma.